counter

Gempa bermagnitudo 6,5 guncang Laut Banda

Gempa bermagnitudo 6,5 guncang Laut Banda

ilustrasi gempa bumi (ANTARA News/Ridwan Triatmodjo)

Jakarta (ANTARA News) - Gempa bumi dengan magnitudo 6,5 mengguncang  Laut Banda, Maluku, Sabtu (2/12), pukul 20.27 WIB, namun tidak berpotensi tsunami menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

BMKG menyatakan pusat gempa itu berada di Laut Banda pada koordinat 7.66 Lintang Selatan dan 128.83 Bujur Timur pada kedalaman 162 kilometer.

Pusat gempa berada di 275 kilometer timur laut Maluku Barat Daya, 281 kilometer barat daya Maluku Tenggara Barat atau 450 kilometer tenggara Ambon, Maluku.

Getaran gempa terasa di Tiakur-MBD (III-IV Modified Mercalli Intensity/MMI), Saumlaki-MTB (III MMI), Soe dan Atambua-NTT (III MMI), Ambon (II MMI), dan Kalabahi-NTT (I-II MMI).

Dalam tiga hari terakhir BMKG mencatat gempa bumi dengan magnitudo di atas 5 terjadi di Mukomuko (Bengkulu) dan Kulonprogo (DI Yogyakarta) dengan magnitudo 5,1 pada Jumat (30/11).

Selain itu gempa dengan magnitudo 5,9 terjadi di barat daya Nias Barat, Sumatera Utara) serta gempa dengan magnitudo 5 terjadi di Bolaangmongondow (Sulawesi Utara) pada Kamis (29/11).

Keseluruhan gempa yang terjadi dalam dua hari terakhir menurut BMKG tidak berpotensi tsunami.

Baca juga: Gempa 5,4 SR guncang Banda
 

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Tiga hari terhenti, KMP Tanjung Burang kembali berlayar

Komentar