KTT tahun ini telah terbukti menjadi ujian besar bagi G20, yang para pemimpinnya pertama kali bertemu pada tahun 2008 untuk membantu menyelamatkan ekonomi global dari krisis keuangan terburuk dalam tujuh dekade
Buenos Aires (ANTARA News) - Para pemimpin global diperkirakan akan mendukung perombakan badan dunia yang mengatur sengketa perdagangan internasional pada pertemuan puncak Sabtu, delegasi mengatakan.

Hal itu disampaikan menjelang pembicaraan berisiko tinggi antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping bertujuan meredakan perang dagang.

Sebuah konsensus tampaknya muncul pada pertemuan dua hari Kelompok 20 ekonomi utama untuk pernyataan bersama yang akan mendukung reformasi Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) yang dilanda krisis di tengah meningkatnya ketegangan perdagangan global, menurut pejabat dari Uni Eropa dan tuan rumah KTT Argentina.

"Kami menegaskan kembali bahwa sistem perdagangan multilateral adalah kerangka kerja di mana kita semua bekerja dan berkomitmen," kata seorang pejabat Uni Eropa, mengacu pada bahasa rancangan pernyataan.

WTO berada di ambang menjadi disfungsional, ketika sangat dibutuhkan untuk memenuhi perannya sebagai wasit dalam sengketa perdagangan dan sebagai pengawas perdagangan global.

Amerika Serikat tidak senang dengan apa yang dikatakannya adalah kegagalan WTO untuk meminta pertanggungjawaban Beijing, karena tidak membuka ekonominya seperti yang diharapkan ketika China bergabung dengan badan itu pada tahun 2001.

Untuk memaksa reformasi di WTO, Amerika Serikat telah menghalangi perjanjian baru ke pengadilan perdagangan terkemuka dunia. Uni Eropa juga mendorong reformasi di WTO.

Para delegasi KTT G20 mengatakan bahwa perundingan untuk menghasilkan pernyataan akhir berjalan lebih lancar daripada pada pertemuan para pemimpin Asia dua minggu lalu yang berakhir tanpa konsensus, tetapi mereka memperingatkan bahwa rancangan pernyataan masih membutuhkan persetujuan dari para pemimpin.

Trump mengatakan dalam tweet bahwa ia membatalkan konferensi pers di KTT G20 sebagai tanda hormat setelah kematian mantan Presiden George H.W. Bush.

Pejabat-pejabat Eropa mengatakan dokumen draf termasuk referensi untuk perubahan iklim, yang telah membuktikan poin menonjol di masa lalu dengan pemerintahan AS saat ini.

Kata-kata pada perubahan iklim adalah "sedikit lebih dari status quo tetapi tidak mundur," kata seorang pejabat Uni Eropa.

Dengan Amerika Serikat dan China terkunci dalam pertikaian yang berkembang atas perdagangan dan keamanan yang telah menimbulkan pertanyaan tentang masa depan hubungan mereka, pasar keuangan global minggu depan akan mengambil petunjuk mereka dari hasil pembicaraan antara Trump dan Xi saat makan malam pada Sabtu.

Hari pertama KTT G20 menawarkan secercah harapan bagi kemajuan antara Washington dan Beijing meskipun Trump menerapkan ancaman tarif baru, yang akan meningkatkan ketegangan yang sudah membebani pertumbuhan ekonomi global.

Tetapi menjelang apa yang dilihat sebagai pertemuan terpenting para pemimpin AS dan China dalam beberapa tahun, kedua belah pihak mengatakan perbedaan tetap ada, dan hasil dari pembicaraan itu tidak pasti.

KTT tahun ini telah terbukti menjadi ujian besar bagi G20, yang para pemimpinnya pertama kali bertemu pada tahun 2008 untuk membantu menyelamatkan ekonomi global dari krisis keuangan terburuk dalam tujuh dekade.

Dengan meningkatnya sentimen nasionalis di banyak negara, kelompok itu, yang menyumbang dua pertiga dari populasi global dan 85 persen ekonomi global, menghadapi keraguan atas kemampuannya untuk menangani ketegangan perdagangan dan perbedaan geopolitik lainnya di antara anggotanya.

Terlepas dari perdagangan dan perubahan iklim, penyitaan Rusia atas kapal Ukraina telah mengundang kecaman dari anggota G20 lainnya, sementara kehadiran Putra Mahkota Mohammed bin Salman di KTT telah menimbulkan dilema yang canggung bagi para pemimpin.

Penguasa de facto Arab Saudi, yang tiba di tengah kontroversi atas pembunuhan jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi, telah diabaikan oleh para pemimpin lain di acara-acara publik, meskipun ia telah melakukan serangkaian pertemuan bilateral dengan mereka secara pribadi.

Arab Saudi telah mengatakan pangeran tidak memiliki pengetahuan sebelumnya tentang pembunuhan itu.

Baca juga: Perang dagang AS-China bayangi pembicaraan G20
Baca juga: G20 ingatkan perdagangan internasional sumber pertumbuhan global


 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2018