Jakarta (ANTARA News) - Penyerang Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang, membukukan dua gol saat mengantarkan timnya menghantam Tottenham Hotspur dengan skor 4-2 dalam laga pekan ke-14 Liga Inggris di Stadion Emirates, London, Inggris, Minggu.

Selain dua gol Aubameyang, kemenangan Arsenal juga disokong sumbangan gol dari Alexandre Lacazette dan Lucas Torreira, sementara Tottenham membalas lewat Eric Dier dan Harry Kane, demikian laman resmi Liga Inggris.

Kemenangan itu membuat tim besutan Unai Emery sukses melompati lawannya tersebut untuk naik ke peringkat keempat klasemen dengan koleksi 30 poin, sementara Tottenham (30) melorot ke urutan kelima, lantaran di laga lain Chelsea (31) menang atas lawannya.

Pertandingan menjanjikan keseruan sejak awal tendangan mula dan Arsenal unggul lebih dulu ketika Aubameyang mencetak gol dari titik putih usai Jan Vertonghen menyentuh bola dengan tangannya di dalam area terlarang.

Namun tim tamu, yang memasuki pertandingan dengan kepercayaan diri tinggi usai mengalahkan Inter Milan di Liga Champions, berhasil menyamakan kedudukan melalui sundulan Dier menyambut tendangan bebas Christian Eriksen pada menit ke-30.

Hanya empat menit berselang, Tottenham sukses berbalik unggul atas tuan rumah ketika Kane mengeksekusi tendangan 12 pas setelah Son Heung-min dijatuhkan Rob Holding di dalam kotak penalti.

Skor 2-1 untuk keunggulan Tottenham bertahan hingga turun minum, membuat Emery melakukan pergantian ganda ketika memasuki babak kedua, yakni Lacazette menggantikan Alex Iwobi dan Aaron Ramsey untuk Henrikh Mkhitaryan.

Strategi itu belakangan terbukti manjur, yang diawali dengan umpan tarik kiriman Ramsey diselesaikan dengan tendangan melengkung oleh Aubameyang untuk membawa Arsenal menyamakan kedudukan 2-2 pada menit ke-56.

Lantas pada menit ke-74, Lacazette membawa Arsenal merebut kembali keunggulan lewat golnya yang berbau keberuntungan.

Penyerang Prancis itu terpeleset ketika melepaskan tendangan dari tepian kotak penalti, namun bola sempat membentur Dier sehingga mengecoh kiper Hugo Lloris dan membuat kedudukan menjadi 3-2 bagi Arsenal.

Tiga menit kemudian, mimpi buruk Tottenham kian kentara lantaran Torreira mencetak gol keempat Arsenal kali ini menyelesaikan umpan matang dari Aubameyang.

Derby London Utara kian berakhir buruk bagi Tottenham karena mereka harus menyelesaikannya dengan 10 pemain setelah Vertonghen menerima kartu kuning kedua akibat jegalan kasar terhadap Lacazette.

Baca juga: Loftus-Cheek satu gol, Chelsea atasi Fulham 2-0

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Inggris:

Arsenal (3-4-3): Bernd Leno; Shkodran Mustafi (Matteo Guendozi), Sokratis Papastathopoulos, Rob Holding; Jector Bellerin, Lucas Torreira, Granit Xhaka, Sead Kolasinac; Henrikh Mkhitaryan (Aaron Ramsey), Pierre-Emerick Aubameyang, Alex Iwobi (Alexandre Lacazette)
Pelatih: Unai Emery

Tottenham Hotspur (4-1-2-1-2): Hugo Lloris; Serge Aurier Juan Foyth, Jan Vertonghen, Ben Davies (Danny Rose); Eric Dier; Moussa Sissoko, Christian Eriksen; Bamidele Alli (Harry Winks); Son Heung-min (Lucas Moura), Harry Kane
Pelatih: Mauricio Pochettino

Baca juga: Hasil dan klasemen Liga Inggris, City jaga jarak aman dari Liverpool

Pewarta: ANTARA
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018