Yogyakarta (ANTARA News) - Lembaga swadaya masyarakat Nusantara Peduli membuka program pelatihan menyetir mobil gratis bagi kaum duafa Yogyakarta dan sekitarnya dalam upaya membantu mereka mendapatkan pekerjaan.

"Program pelatihan setir mobil gratis itu kami rancang untuk memandirikan kaum duafa, dan sebagai upaya kami dalam mengurangi angka pengangguran di Yogyakarta," kata Direktur Nusantara Peduli Harjito di Yogyakarta, Minggu.

Survei tim Nusantara Peduli menunjukkan tenaga kerja kesulitan mendapatkan pekerjaan karena tidak memiliki keterampilan khusus, termasuk di antaranya keterampilan menyetir mobil, karenanya lembaga itu kemudian menyelenggarakan pelatihan keterampilan gratis untuk membantu duafa.

"Program itu diharapkan bisa bermanfaat bagi kaum duafa dan menjadi salah satu solusi bagi mereka yang membutuhkan. Mari mandirikan kaum duafa dengan bantuan terbaik dari kita," katanya.

Ia menjelaskan pelatihan setir mobil gratis itu terbuka bagi duafa yang belum bekerja dan belum memiliki keterampilan kerja serta berkomitmen untuk berlatih dengan sungguh-sungguh hingga mahir.

"Kami mempersilakan kaum duafa yang membutuhkan pelatihan setir mobil gratis untuk mendaftar di kantor Nusantara Peduli Jalan Sisingamangaraja No 80, Prawirotaman, Kota Yogyakarta," kata Harjito.

Instruktur pelatihan setir mobil gratis Nusantara Peduli Endhi Yudha mengemukakan lembaga mengedepankan kualitas dalam pelatihan setir mobil gratis yang setiap periodenya berlangsung 10 hari, dan dimulai setiap tanggal 20 setiap bulan.

"Setelah peserta mahir dan siap dilepas ke lapangan, kami keluarkan Surat Tanda Tamat Belajar atau STTB sebagai bukti bahwa mereka sudah menguasai menyetir mobil. STTB kami keluarkan untuk menguatkan mereka saat sedang mencari kerja," kata Endhi.

Baca juga: Nusantara Peduli buka dapur umum di Palu
 

Pewarta: Bambang Sutopo Hadi
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018