Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI melantik lima anggota DPR RI penggantian antar-waktu (PAW) dari Fraksi Partai Hanura dan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan pada rapat paripurna DPR RI, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Senin.

Kelima anggota DPR RI PAW yang dilantik, terdiri dari empat orang dari Fraksi Partai Hanura serta satu orang dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (FPPP). Dari Fraksi Partai Hanura yakni, Erik Adtrada Ritonga menggantikan Rufinus Hotmaulana Hutauruk dari daerah pemilihan Sumatera Utara II. Ferdinand Sampurna Jaya menggantikan Frans Agung Mula Putra dari daerah pemilihan Lampung I. Timbul P Manurung menggantikan Arief Suditomo dari daerah pemilihan Jawa Barat I. Kemudian, Erislan menggantikan Dadang Rusdiana dari daerah pemilihan Jawa Barat II.

Dari Fraksi PPP, Lukman Hakim Hasibuan dilantik menggantikan Fadly Nurzal dari daerah pemilihan Sumatera Utara III.

Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo memimpin pelantikan dan pengucapan sumpah jabatan. "Sumpah yang Anda ucapkan mengandung tanggung jawab terhadap negara dan Pancasila. Sumpah ini adalah janji terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan manusia yang harus ditepati," kata Bambang yang akrab disapa Bamsoet.

Keempat anggota DPR RI dari Fraksi Partai Hanura yang diganti, karena mereka telah memutuskan untuk maju kembali sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019 melalui partai yang lain, yakni Partai Nasdem. Mereka adalah, Rufinus H Hutauruk, Dadang Rusdiana, Arief Suditomo dan Frans Agung Mula Putra. Sementara, Fadly Nurzal dari Fraksi PPP diganti karena dirinya maju sebagai calon kepala daerah di Sumatera Utara.

Kelima anggota DPR RI PAW yang dilantik akan menjalani tugas sampai berakhirnya masa tugas anggota DPR RI periode 2014-2019 yakni September 2019.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018