Washington (ANTARA News) - Direktur CIA Gina Haspel dijadwal memberikan taklimat tertutup kepada para pemimpin beberapa komite Senat Amerika Serikat pada Selasa mengenai pembunuhan wartawan Arab Saudi Jamal Khashoggi, demikian diungkapkan satu sumber yang mengetahui  rencana pertemuan itu.

Beberapa anggota Senat marah karena Haspel tidak ikut serta dalam taklimat  para pejabat pemerintahan Presiden Donald Trump yang diadakan Senat pekan lalu mengenai kematian Khashoggi di Konsulat Saudi di Istanbul, Turki.

CIA meyakini bahwa Putra Mahkota Pangeran Mohammad bin Salman adalah sosok yang memerintahkan pembunuhan Khashoggi, sang wartawan yang kerap mengkritik pemerintah Arab Saudi. 

Baca juga: CIA dilaporkan punya rekaman perintah pangeran Saudi untuk "bungkam" Khashoggi
Baca juga: Washington post: CIA "yakin" pembunuhan Khashoggi diperintahkan oleh putra mahkota saudi


Harian The Wall Street Journal pertama kali melaporkan bahwa Haspel akan menyampaikan taklimat. Pada taklimat pekan lalu, Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dan Menteri Pertahanan Jim Mattis mengatakan tak ada bukti kuat bahwa putra mahkota itu Saudi itu  berada di balik pembunuhan tersebut dan mendesak para senator agar tidak menurunkan hubungan dengan Arab Saudi akibat insiden tersebut.

Haspel akan memberikan taklimat kepada para pemimpin Republik dan Demokrat antara lain dari komite Hubungan Luar Negeri Senat dan Dinas Angkatan Bersenjata, kata sumber itu 
 

Sumber: Reuters
Editor: Mohamad Anthoni/Chaidar Abdullah

Pewarta: Antara
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2018