Jakarta (ANTARA News) - Verizon Communications Inc akan bermitra dengan Samsung Electronics untuk membawa ponsel yang memakai jaringan 5G pada semester pertama 2019.

Dalam keterangan resmi kedua perusahaan tersebut yang dikutip dari Reuters, Selasa, mereka menyiapkan prototipe menggunakan chip modem dari Qualcomm saat acara tahunan Snapdragon Technology Summit di Hawaii pekan ini.

Verizon akan memimpin percobaan 5G di sejumlah kota di Amerika Serikat tahun depan, namun, analis industri  meragukan internet berkecepatan tinggi ini akan tersedia secara umum, kecuali dalam beberapa dekade mendatang.

Sementara itu, laporan dari Bloomberg menyatakan Apple baru akan merilis iPhone 5G pada 2020. Melihat Apple yang muncul belakangan, diperkirakan Samsung dan Verizon akan mendapatkan konsumen yang tersambung ke 5G.

Verizon pertama kali meluncurkan layanan 5G komersial pada Oktober lalu, 5G Home mereka terpasang di Houston, Indianapolis, Los Angeles dan Sacramento.

Chief Financial Officer Verizon, Matthew Ellis bulan lalu menyatakan mereka menargetkan konsumen yang leibh luas untuk produk 5G home broadband.

Qualcomm sudah bermitra dengan produsen ponsel lainnya yang juga merencanakan mengeluarkan produk 5G tahun depan.

Di AS, penyedia jaringan seluler Sprint Corp juga sudah menggandeng LG Electronics USA untuk meluncurkan ponsel pintar 5G di AS pada semester pertama 2019.

Baca juga: Perangkat 5G komersial pertama Vivo siap luncur pada 2020

Baca juga: HTC dan Sprint bakal rilis "smart hub mobile" 5G

Baca juga: Huawei berencana perkenalkan perangkat layar lipat 5G di MWC 2019

Baca juga: Samsung Galaxy S10 5G akan punya RAM 12GB, ROM 1TB?

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018