Yogyakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo dijadwalkan menghadiri acara puncak Milad 1 Abad Madrasah Muallimin dan Muallimat Muhammadiyah di Lapangan Sekolah Muallimin Yogyakarta pada 6 Desember 2018.

"Pada puncak acara milad, Bapak Presiden akan menyampaikan amanat kepada para santriwan dan santriwati Madrasah Muallimin dan Muallimat, kemudian menandatangani prasasti 1 Abad," kata Koordinator Humas dan Media Milad 1 Abad Muallimin dan Muallimat Rahmat Chairul di Yogyakarta, Selasa.

Sebelum acara dimulai, menurut dia, para santri hafidz dari Madrasah Muallimin dan Muallimat akan melantunkan ayat-ayat suci Al Quran bersama-sama untuk menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo. "Para santri hafidz akan bertadarus menyambut kedatangan Presiden," kata dia.

Menurut Rahmat, selain Presiden, sejumlah menteri dari Kabinet Kerja yang dijadwalkan hadir dalam acara itu di antaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri BUMN Rini Soemarno.

Selain itu, dijadwalkan hadir pula Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nasir, serta Mantan Ketum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif.

"Untuk Bu Mega, saya belum memastikan (kehadiran)," kata dia.

Rahmat mengatakan acara Milad 1 Abad Muallimin dan Muallimat Muhammadiyah yang berlangsung 6-8 Desember itu akan mengusung tema "Diaspora Kader Melintasi Zaman".

Menurut dia, tema tersebut sengaja dipilih sebagai simbol bahwa para santri Muallimin dan Muallimat sebagai kader Muhammadiyah siap berdiaspora melintasi zaman memasuki Abad ke-2. "Termasuk menandakan para kader siap go international," kata dia. ?Ketua Panitia Bidang Reuni Milad 1 Abad, Eric, mengatakan acara itu rencananya akan dihadiri 2.500 peserta yang terdiri atas santri, guru, karyawan, para pengurus Pimpinan Pusat Muhammadiyah, serta pemerimtah pusat dan daerah.

"Untuk menyambut acara tersebut, saat ini panita Milad 1 Abad telah menyiapkan tenda-tenda untuk para tamu undangan di Lapangan Muallimin. Kami juga siapkan lokasi parkir untuk tamu-tamu VVIP," kata dia.

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018