Jakarta (ANTARA News) - Pemprov DKI Jakarta maupun BUMD Pangan (Food Station Tjipinang Jaya, Dharma Jaya, dan Pasar Jaya) ingin membuka kemungkinan lebih besar kolaborasi kerja sama antar daerah untuk dapat mengamankan pasokan pangan termasuk menstabilkan harga pangan di Jakarta.

"Komoditas pangan strategis ini di Ibu Kota harus diamankan, karena implikasinya nasional. Jadi, kami ingin ada perluasan kerja sama untuk pasokan-pasokan pangan. Kami juga ingin ada kerja sama informasi antar daerah untuk pasokan dan harga. Jadi, kami bisa mengetahui demand yang ada dan supply yang mungkin muncul antar daerah," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jakarta, Kamis.

Karena itu, Anies yang menjadi salah satu narasumber dalam sesi diskusi pertama Rapat Kerja (Raker) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Flores Ballroom, Hotel Borobudur, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat ini, berharap melalui forum tersebut, potensi kerja sama itu semakin terbuka lebar.

"Kami ingin ada stabilitas harga. Tapi, sesungguhnya ini adalah 'supply-demand'. Demand kita tahu bertambah. Supply itu dari produsennya dan rantainya. Kami membagi tugas. SKPD memikirkan besaran demand-nya. BUMD memikirkan supply-nya. Dari situ, kami bisa memastikan pasokan di DKI Jakarta sesuai dengan kebutuhan," ucap Anies.

Selama ini, Gubernur Anies menyatakan telah melakukan kerja sama antar daerah untuk menjawab permintaan komoditas pangan di Jakarta seperti komoditas beras, telur, daging, maupun sayur-mayur dengan menyederhanakan mata rantai distribusi, melakukan operasi pasar maupun bazar, serta keterbukaan akses data komoditas melalui kanal Informasi Pangan Jakarta.

Untuk diketahui, agenda utama Raker APPSI kali ini adalah evaluasi pelaksanaan program kerja sama perdagangan produk unggulan antar daerah. Raker APPSI sendiri berjalan sejak Rabu (5/12) sampai dengan Jumat (7/12) dan dihadiri oleh perwakilan 34 Pemprov seluruh Indonesia.

Kegiatan ini dimeriahkan juga oleh bazar produk unggulan dari BUMD Pemprov DKI Jakarta, seperti MRT Jakarta, Dharma Jaya, Food Station Tjipinang Jaya dan Dharma Jaya.

Baca juga: Pedagang sayur minta Sandiaga wujudkan harga stabil

Baca juga: Satgas Pangan mengawasi beras hingga tingkat bawah

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018