Badung (ANTARA News) - Timnas Pelajar U-15 memastikan satu tiket final Bali International Football Championship (IBC) 2018 setelah di semifinal di Lapangan Pecatu, Badung, Bali, Kamis mengalahkan wakil China, Hubei FA dengan skor 3-1.

Perjuangan anak asuh Firman Utina untuk meraih kemenangan ini tidak mudah karena harus tertinggal dulu dari lawan lewat Wang Linjie pada menit tujuh Kondisi ini membuat sang pelatih memutar otak untuk menyamakan kedudukan mengingat lawan mempunyai koordinasi permainan yang cukup rapi.

Akhirnya lewat perjuangan yang keras, Ardi Ardiana mampu menyamakan kedudukan pada menit 23. Kondisi ini membuat semangat pemain Indonesia lebih meningkat.

"Setelah kami tertinggal, kami langsung meningkatkan tempo permainan. Kami memanfaatkan kekelahan lawan yang kemarin, Rabu (5/12) baru saja bertanding," kata Firman Utina usai pertandingan.

Dalam kedudukan sama kuat, hujan turun deras. Kondisi ini membuat permainan bertambah ketat. Beruntung lapangan yang digunakan cukup bagus sehingga tidak ada genangan yang bisa mengganggu jalannya pertandingan.

Selain meningkatkan tempo serangan, Firman juga mengaku jika pihaknya sudah mengetahui pola yang digunakan untuk lawan. Kondisi ini mempermudah dirinya untuk memberikan instruksi kepada pemain yang saat itu mendapatkan dukungan dari banyak penonton.

"Lawan menggunakan pola 3-5-2 dengan tiga bek sejajar. Itu yang kami maksimalkan melalui serangan sayap," kata pria yang saat ini masih bermain bermain bersama klub Kalteng Putra itu.

Dengan mengandalkan kecepatan, akhirnya Timnas Pelajar mampu menambah dua gol lagi lewat Ardi Ardiana pada menit 49. Seda sedangkan gol ketiga Timnas Pelajar dipersembahkan oleh Mohamad Afif Fathoni di menit 59.

Di babak final, Timnas Pelajar yang dimotori oleh Syukran Arabia Samual akan berhadapan dengan pemenang antara tim Badung-Ragunan (Bara FC) melawan wakil Malaysia, Felda United FC. Sesuai dengan jadwal, pertandingan semifinal kedua itu akan berlangsung di tempat yang sama, Jumat (7/12).

Jika Bara FC yang merupakan tim gabungan antara pemain Badung, SKO Ragunan dan PPLP ini mampu memenangkan pertandingan, maka bisa terjadi All Indonesia Final turnamen yang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ini. 

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018