counter

Pengaruh wajib militer terhadap karakter dan vokal Ryeowook Super Junior

Pengaruh wajib militer terhadap karakter dan vokal Ryeowook Super Junior

Ryeowook Super Junior (HO/Label SJ)

Jakarta (ANTARA News) - Sebagai anggota Super Junior yang harus rihat dari karir K-pop untuk menjalani wajib militer satu demi satu, ke-11 anggota tak bisa tampil dalam formasi lengkap sejak 2010.

Wajib militer Ryeowook rampung pada Juli lalu, membuatnya jadi anggota Super Junior ke-10 yang menyelesaikan kewajiban selama 19 bulan itu, dan formasi Super Junior nyaris lengkap lagi. Anggota terakhir yang masih wajib militer adalah Kyuhyun yang rencananya kembali ke dunia hiburan tahun depan.

"Ketika di militer, saya jadi jauh lebih baik di segala aspek. Dulu, saya orangnya lumayan sensitif, marah-marah akibat hal kecil," kata Ryeowook kepada media menjelang peluncuran karya solo "Drunk on Love", seperti dikutip dari kantor berita Yonhap, Jumat.

"(Wajib militer) membuat saya melihat refleksi diri sendiri dan apa yang saya lakukan selama 10 tahun sebagai penampil. Ini membuat saya jadi berterimakasih terhadap orang-orang di sekitarku," ujar penyanyi 31 tahun itu.

Dia berambisi menguasai bahasa Inggris dan Jepang saat memulai wajib militer.

"Tapi ternyata kesibukan saya lebih padat dari yang saya bayangkan saat di militer. Pada akhirnya, saya berkompromi (dengan keinginan baru) untuk menyelesaikan militer dengan tubuh sehat," kata dia.

Ryeowook juga masuk di band militer yang membantunya belajar lagi tentang musik. Didorong keinginan menjadi penyanyi lebih baik, dia belajar lagi dasar-dasar seperti pernafasan dan vokalisasi.

Album "Drunk on Love" adalah hasil pemikiran dan pengalamannya selama rihat 19 bulan dari dunia K-pop.

Album itu berisi tujuh lagu, termasuk "I'm Not Over You" yang terinspirasi dari lagu "The Moon of Seoul" dari Kim Gun-mo yang sering dimainkannya bersama band militer.

"Saya ingin membuat album yang penuh lagu yang bisa diputar kapan pun selama empat musim, bukan cuma saat musim dingin," kata dia.

Lagu-lagu lain dalam albumnya meliputi  "One and Only," "Drunk in the Morning," "Sugar" dan "The 2nd Story."

Mengenai alkohol yang menginspirasi "Drunk in the Morning", dia berkata, "Kau minum alkohol ketika sedang frustrasi tapi juga saat senang atau sedih. Itu tak bisa lepas dari emosi."

"Saya pribadi suka sekali anggur.. tapi kalau membandingkan saya sebagai alkohol, saya seperti whiskey," kata dia.

Seperti juga para penggemar, para anggota Super Junior juga tak sabar hadir dalam formasi lengkap tahun depan, kata Ryewook, menambahkan dia juga ingin mengadakan konser solo kelak.

Baca juga: Ryeowook Super Junior bersiap rilis album solo kedua

Baca juga: Usai wajib militer, Ryeowook Super Junior ingin terus aktif di panggung

 

Penerjemah: Nanien Yuniar
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar