counter

"Acarduk" solusi Bone Bolango mudahkan pelayanan dokumen kependudukan

"Acarduk" solusi Bone Bolango mudahkan pelayanan dokumen kependudukan

Sejumlah pelajar menggambar di atas tempat sampah pada peluncuran Gerakan Ayo Jaring Sampah di Tempat Pengelolaan Sampah Dengan Sistem Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R) Ayula Selatan, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Kamis (29/11/2018). Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengajarkan siswa cara memilih dan memilah sampah serta kesadaran menjaga kebersihan lingkungan. ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/aww.


Melalui Acarduk masyarakat bisa lebih mudah dan cepat mendapatkan dokumen kependudukan yang dibutuhkan, tanpa harus bolak balik lagi ke Disdukcapil.
Gorontalo, (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, memudahkan pelayanan dokumen kependudukan melalui Aplikasi Cari Arsip Kependudukan (Acarduk).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bone Bolango, Oktavianus Rahman di Gorontalo, Kamis, mengatakan kepemilikan dokumen kependudukan telah menjadi salah satu kebutuhan vital masyarakat akhir-akhir ini.

"Terlebih dalam setiap gerak aktivitas pemenuhan kebutuhan pelayanan kepada masyarakat di semua lini, baik itu di instansi pemerintah maupun swasta tidak lepas dari kebutuhan akan dokumen kependudukan," ujarnya.

Ia mengaku, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menciptakan sebuah terobosan dan inovasi untuk mempermudah masyarakat dalam pelayanan dokumen kependudukan tersebut, yakni melalui sebuah aplikasi Acarduk.

"Acarduk merupakan inovasi proyek perubahan PIM IV angkatan VIII tahun 2018 Provinsi Gorontalo dari Kepala Seksi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan Disdukcapil Hasna Latala ini, nantinya menjadi salah satu media untuk mempermudah masyarakat, terutama dalam pelayanan dokumen kependudukan," katanya.

Menurutnya, melalui Acarduk masyarakat bisa lebih mudah dan cepat mendapatkan dokumen kependudukan yang dibutuhkan, tanpa harus bolak balik lagi ke Disdukcapil, karena berkasnya belum lengkap. Dengan catatan, masyarakat tersebut sudah ada dalam database.

"Jadi masyarakat ini meski hanya membawa permohonan dari desa dapat dilayani langsung di Disdukcapil. Apalagi jika yang mengurus dokumen ini dari kecamatan yang jauh," katanya.

Ia menambahkan jika dengan aplikasi itu pengurusan dokumen kependudukan yang membutuhkan berkas-bekas dokumen pendukung dari desa dan kecamatan yang menyita waktu akan lebih dimudahkan.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan Hasna Latala menjelaskan tujuan dirinya menciptakan inovasi maupun terobosan, yakni optimalisasi pemanfaatan Acarduk untuk meningkatkan kualitas pelayanan dokumen kependudukan kepada masyarakat pada umumnya.

Baca juga: Bone Bolango akan luncurkan Kartu Janda Sejahtera

Baca juga: Menteri PDT: Kabupaten Bone Bolango bukan lagi daerah tertinggal

Pewarta:
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar