Jakarta (ANTARA News) - Dalam acara tahunan Snapdragon Technology Summit, Qualcomm meluncurkan Qualcomm Snapdragon 8cx Compute Platform, platform PC 7 nanometer yang diklaim pertama di dunia.

Snapdragon 8cx dilengkapi oleh GPU Qualcomm Adreno 680 yang terbaru dengan menggandakan memory interface dari 64 bit menjadi 128 bit.

Saat ini, Snapdragon 8cx berada dalam tahap sampling kepada konsumen dan diharapkan akan digunakan secara komersial di kuartal ketiga tahun 2019.

"Berangkat dari prinsip pada kekuatan performa dan waktu penggunaan perangkat, kami mengusung inovasi 7nm ke dalam industri PC, memungkinkan kapabilitas layaknya ponsel untuk mentransformasi pengalaman (menggunakan) komputer,” kata Senior Vice President and General Manager Mobile Qualcomm Technologies, Alex Katouzian, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Snapdragon 8cx didukung oleh CPU Kryo 495 octa-core terbaru dengan cache yang lebih besar dari compute platform sebelumnya yang memungkinkan multitasking lebih cepat serta meningkatkan produktivitas pengguna.

Snapdragon 8cx menjadi platform Snapdragon pertama yang siap untuk konsumen Windows 10 Enterprise.

Snapdragon 8cx merupakan Snapdragon Compute Platform pertama untuk PC yang mendukung Qualcomm Quick Charge 4+ yang dirancang untuk memberikan waktu pengisian daya super cepat bagi pengguna yang selalu berpergian.

Snapdragon 8cx juga dilengkapi dengan teknologi audio Qualcomm Aqstic -- seperangkat teknologi yang terdiri dari audio codec, smart power amplifiers dan rangkaian perangkat lunak bagi audio dan suara.

Rangkaian teknologi ini memungkinkan PC yang menggunakan platform Snapdragon 8cx untuk memberikan audio Bluetooth nirkabel beresolusi tinggi sehingga meningkatkan akses dan pilihan asisten suara seperti Cortana dan Alexa bagi penggunanya.

Bagi pengguna yang ingin menyambungkan perangkat Bluetooth nirkabel mereka ke PC Snapdragon 8cx, mereka dapat menikmati pengalaman audio High-Fidelity (Hi-Fi) berkat integrasi Qualcomm aptX HD.

Dengan menyimpan data suara melalui transmisi audio, pengguna dapat menikmati lagu dengan resolusi audio tertinggi ketika menggunakan perangkat nirkabel.

Sementara itu, dengan dukungan generasi kedua dari USB 3.1 Type C dan generasi ketiga PCI-E untuk peripheral tidak terbatas, pengguna kini bisa menghubungkan perangkat dengan Snapdragon 8cx ke dua monitor 4K High Dynamic Range (HDR).

Menuju era 5G, modem LTE Qualcomm Snapdragon X24 yang ada dalam Snapdragon 8cx dirancang untuk membantu operator untuk mengantarkan seluruh aset spektrum dan memperluas kapabilitas Gigabit LTE, memungkinkan pengguna untuk merasakan kecepatan yang luar biasa dari PC mereka.

"Sebagai platform Snapdragon tercepat, Snapdragon 8cx memungkinkan pelanggan kami untuk menawarkan pengalaman komputasi dengan daya tahan berhari-hari dan konektivitas multi-gigabit dalam bentuk yang tipis, ringan dan fanless kepada para pengguna dan korporasi," ujar Alex Katouzian.

Baca juga: Qualcomm umumkan flagship terbaru Snapdragon 855

Baca juga: Qualcomm luncurkan chipset Snapdragon Wear 3100 untuk smartwatch

Baca juga: Qualcomm umumkan solusi modul Snapdragon 5G

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018