counter

200 Filcomin ikuti turnamen demi perpustakaan

200 Filcomin ikuti turnamen demi perpustakaan

Duta Besar Filipina untuk Indonesia Lee Hiong Wee (kedua kiri) bersama Direktur Rotary Club Indonesia Rudy Balmater (kedua kanan), Presiden Asosiasi Golf Filcomin Riche Tiblani (kanan), dan Penasehat Asosiasi Wanita Filipina Thelma Victorio (kiri) dalam jumpa pers turnamen golf untuk penggalangan dana di Kedutaan Besar Filipina di Jakarta, Jumat. (Antara/Imam Santoso)

Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 200 peserta akan mengikuti turnamen Filipino Community in Indonesia (Filcomin) Charity Golf Tournament yang berlangsung di Senayan Golf Club, Jakarta, pada Minggu (9/12) demi menggalang dana pembangunan dan perawatan perpustakan di Indonesia.

"Turnamen golf penggalangan dana bantuan ini menunjukkan simpati Komunitas Filipina di Indonesia untuk komunitas lokal di Indonesia. Dana yang dikumpulkan bertujuan menghadirkan perpustakaan di sekolah-sekolah umum di Indonesia," ujar Duta Besar Filipina untuk Indonesia Lee Hiong Wee dalam jumpa pers di Kantor Kedutaan Besar Filipina di Jakarta, Jumat.

Lee mengatakan program penggalangan dana untuk membangun perpustakaan itu sudah berlangsung sejak 2013 yang juga bekerjasama dengan organisasi kemanusiaan Rotary Club Indonesia dan sekretariat ASEAN.

"Ini adalah turnamen golf pertama kali yang digelar Filcomin untuk menggalang dana sosial. Kami akan mempertimbangkan untuk menghadirkan atlet pada penyelenggaraan tahun berikutnya karena Filipina berhasil meraih medali emas pada cabang golf Asian Games 2018," kata Lee.

Presiden Asosiasi Golf Filcomin Riche Tiblani mengatakan sebanyak 200 peserta yang akan mengikuti turnamen golf di Senayan itu terdiri dari peserta pemain golf dan bukan pemain golf asal Filipina.

"Dana yang akan kami kumpulkan nanti cukup untuk biaya pembangunan dan perawatan perpustakaan," katanya tentang target dana yang akan dikumpulkan dari permainan 18 hole di Senayan itu.

Tiblani mengatakan organisasinya bersama Rotary Club telah menggalang dana hingga 1,2 juta dolar yang disalurkan melalui Badan Internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Dana Darurat bagi Anak-Anak (UNICEF) untuk proyek kesehatan dan pendidikan.

"Kami juga turut membantu para korban bencana alam di Palu dengan membangun rumah yang juga bekerjasama dengan organisasi-organisasi internasional," katanya.

Filcomin, lanjut Tiblani, berharap hubungan masyarakat Filipina dan Indonesia akan semakin kokoh dengan penyelenggaraan turnamen golf dan penggalangan dana itu.

Baca juga: Ariya Jutanugarn berbagi pengalaman dengan pegolf muda Indonesia

Baca juga: Murdaya kembali terpilih pimpin PGI secara aklamasi

 

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar