counter

ANTARA Bali gelar pameran foto "Rwa Bhineda - 2018"

ANTARA Bali gelar pameran foto "Rwa Bhineda - 2018"

Rwa Bhineda adalah tema pameran foto yang diadakan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Bali dalam rangkaian "simakrama" (open house) untuk merayakan 81 tahun eksistensi kantor berita Indonesia itu di kantor biro setempat pada 13-16 Desember 2018. (ANTARA News/Bali)

Denpasar, Bali (ANTARA News) - Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Bali mengadakan pameran foto bertajuk "Rwa Bhineda Bali - 2018" dalam rangkaian "simakrama" (open house) untuk merayakan 81 tahun eksistensi kantor berita Indonesia itu pada 13-16 Desember 2018.

"Pameran foto yang berlangsung di kantor kami di Jalan Mataram 1, Lapangan Lumintang, Denpasar itu akan dibuka Ibu Gubernur Ni Luh Putu Putri Suastini Koster pada pukul 10.00 Wita," kata Ketua Panitia Pelaksana HUT Ke-81 Tahun LKBN Antara Biro Bali, Nyoman Budhiana, di Denpasar, Jumat.

Simakrama dan pameran foto yang dibuka bertepatan dengan tanggal saat ANTARA dideklarasikan oleh Adam Malik dkk (13-12-1937) itu merupakan acara puncak HUT Antara di Biro Bali yang sebelumnya didahului dengan Seminar Ekonomi bersama Kadin Bali (10/8), Pembekalan Jurnalistik/Fotografi-Hoax bersama BUMN (12/8), Roadshow Jurnalistik/Fotografi-Kantor Berita di SMAN 1 Denpasar (18/9), Tradisi Purnabakti Senior IK Sutika (6/10), dan Bakti Sosial (Desember).

"Simakrama dan pameran foto itu akan dihadiri Kabiro Humas Pemprov Bali, Kabag Humas Pemkab/Pemkot se-Bali, Kepala Dinas Kominfo se-Bali, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Bali, pimpinan redaksi media massa, humas BUMN dan swasta, humas universitas dan aktivis pers kampus atau pers sekolah," kata fotografer senior LKBN Antara Bali itu.

Dalam pameran tersebut, pihaknya akan memamerkan 30 foto tunggal dan satu foto cerita yang menceritakan sejumlah fakta yang menonjol selama setahun di Provinsi Bali dengan mengambil tema "Rwa Bhineda Bali 2018". Foto-foto itu merupakan hasil bidikan tiga fotografer LKBN Antara Biro Bali yakni I Nyoman Budhiana, I Gede Wira Suryantala, dan Naufal Fikri Yusuf.

"Rwa Bhineda adalah menggambarkan fakta yang kontradiktif atau dua hal yang berbeda sifat, seperti hitam-putih, siang-malam, laki-perempuan, gembira-sedih, dan seterusnya. Fakta dalam dua bingkai itulah yang kami sajikan kepada publik untuk bahan refleksi. Selain Bali, pameran foto HUT ke-81 ANTARA juga dilaksanakan di Biro Jatim (Retrospeksi) dan Biro Jabar (Arke)," katanya.

Khusus foto cerita merupakan satu-satunya dalam pameran foto yang kedua kalinya di LKBN ANTARA Biro Bali itu menyajikan aktivitas masyarakat "Kampung Bali" Nanshan di Tiongkok. "Foto itu merupakan hasil bidikan kami saat mengikuti 'media visit' ke Tiongkok pada 2-11 Mei 2018 dan bertemu orang-orang Bali di sana," katanya.

"Dalam simakrama dan pameran foto yang didukung kalangan BUMN, pemerintahan, swasta, dan mitra lain itu, Ibu Gubernur Ni Luh Putu Putri Suastini Koster juga akan menyerahkan `Anugerah Tjatranata 2018` kepada para mitra dan senior Antara serta meluncurkan Katalog Antara Bali yang berisi `Sekilas Antara` dan sebagian foto yang dipamerkan pada 13-16 Desember sejak pukul 10.00 hingga 15.00 Wita," katanya.

Di Bali, LKBN ANTARA telah melayani masyarakat sejak tahun 1945 melalui penyiaran teks Proklamasi Kemerdekaan RI dan juga pengibaran bendera merah putih yang pertama di "kantor perjuangan" Antara Bali di Jalan Banjar Titih, Denpasar, yang kini menjadi Restoran Betty di Jalan Sumatera 56-58, Denpasar itu pada 18 Agustus 1945. Untuk tahun 1937-1945, histori ANTARA di Bali belum tercatat, kecuali adanya pewarta yang melaporkan setiap gerak perjuangan kebangsaan.

Namun, sejak menjadi Perum sesuai PP 40/2007 tentang Perum LKBN ANTARA, kantor berita nasional itu meneguhkan diri menjadi mitra media dan mitra publik sesuai misi untuk "membangun karakter masyarakat berbasis pengetahuan". Sebagai mitra media, LKBN Antara menjadi rujukan "agenda setting" media pada tingkat nasional maupun internasional, sedangkan Antara Biro Bali sebagai mitra publik mengembangkan portal konvergensi, koran digital, mitra belajar jurnalistik (media visit, pameran foto, pelatihan/lomba jurnalistik-kehumasan), dan "big data".

Baca juga: Kantor Berita ANTARA diharapkan tingkatkan peran cerdaskan bangsa

Baca juga: ANTARA Doeloe : Ulang tahun ke-23 "ANTARA" bersamaan dengan penjerahan naskah ketetapan MPRS

Baca juga: Pewarta foto luncurkan buku foto "Lombok Palu Donggala Rev!val"

Pewarta:
Editor: Monalisa
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar