Badung (ANTARA News) - Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga (Kemenpora) Raden Isnanta menilai timnas pelajar Indonesia sudah level Asia dan dibuktikan dengan lolos ke final Bali International Football Championship (IFC) 2018 yang diikuti 12 tim dari sembilan negara

Dua tim Indonesia yaitu Timnas Pelajar U-15 dan Badung-Ragunan (Bara FC) dipastikan bertemu dipartai final turnamen yang diprakarsai oleh Kemenpora setelah di semifinal di Lapangan Pecatu, Badung, Bali, Jumat mampu mengalahkan lawan-lawannya.

"Dengan terjadi All Indonesia Final menunjukkan jika tim pelajar kita memang levelnya sudah Asia. Sebelum masuk final, mereka sudah mengalahkan tim-tim kuat," katanya di sela menonton pertandingan semifinal antara Bara FC melawan Felda United Malaysia.

Baca juga: All Indonesia Final terjadi di Bali IFC 2018

Baca juga: Timnas Pelajar Indonesia tak pilih lawan di final Bali IFC


Pada pertandingan semifinal pertama, Timnas Pelajar yang diasuh Firman Utina menang 3-1 atas wakil China, Hubei FA. Sedangkan Bara FC yang diasuh Bambang Warsito disemifinal kedua mengalahkan Felda United dengan skor 2-0.

Menurut Raden Isnanta, pertandingan final meski mempertemukan dua tim Indonesia diprediksi bakal berlangsung dengan ketat mengingat tim yang diturunkan pada kejuaraan internasional U-15 ini adalah pemain pilihan. Hal tersebut dibuktikan dengan keduanya lolos ke final.

"Ini adalah pemain pelajar terbaik saat ini. Mereka sebelum masuk final mampu mengalahkan tim kuat mulai dari China, Jepang hingga Korea Selatan. Ini prestasi yang membanggakan," katanya menambahkan.

Dengan mampu mengantar kedua tim ke final, Raden Isnanta menjelaskan jika upaya untuk mencari bibit-bibit baru pemain muda Indonesia sudah didapat. Saat ini tinggal bagaimana mengarahkan kedepannya termasuk memberikan masukan kepada federasi sepak bola Indonesia atau PSSI.

Turnamen Bali International Football Championship (IFC) 2018 Piala Menpora U-15 diikuti 12 tim dari sembilan negara. Selain Timnas Pelajar dan Bara FC, tuan rumah Indonesia juga menurunkan tim Bali All Stars untuk menggantikan Timor Leste. Hanya saja tim ini gagal lolos ke babak semifinal.

Sedangkan tim asing yang turun adalah Jepang (Progresso Sano FC), Cina (Hubei FA), Australia (Western Football), Korea Selatan (Busan Football Academy dan Gyeongnam Changnyeong SC), Filipina (Apuesto Bueno United FC), Thailand (Cruzeiro Academy Asia), Malaysia (Felda United FC) dan Singapura (Sporting CF SA).

Baca juga: Bali IFC U-15 ujian bagi calon pemain timnas

Baca juga: Timnas Pelajar U-15 ditarget tampil dominan di Bali IFC 2018

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2018