counter

Rumah mikro jadi solusi rumah nyaman di perkotaan

Rumah mikro jadi solusi rumah nyaman di perkotaan

Arsitek Yu Sing memberikan keterangan kepada wartawan usai kuliah umum Arsitektur yang Tanggap Bencana di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta, Jumat (07/12/2018). (ANTARA/ Martha Herlinawati Simanjuntak)

Rumah kecil bisa sangat menarik, indah keren, tidak harus besar
Jakarta (ANTARA News)  - Arsitek Yu Sing mengatakan rumah mikro dapat menjadi solusi rumah nyaman di daerah perkotaan terkait lahan yang sempit. 

"Kita belajar untuk menghemat ruang membuat rumah yang sesuai esensi dan kebutuhan kita paling mendasar, apalagi kan gaya hidup sekarang kita tidak perlu ruang yang besar," kata Yu Sing di Jakarta, Jumat. 

Lulusan S1 Arsitektur Institut Teknologi Bandung itu mengatakan, masyarakat sekarang orang lebih sering jalan-jalan liburan ketimbang berada di rumah dan hal itu didukung dengan transportasi makin murah sehingga'traveling' itu menjadi gaya hidup.

Dia mengatakan rumah tidak perlu terlalu besar karena lebih baik dibuat sesuai kebutuhan tapi tetap dengan desain yang aman dan indah. 

"Makin besar rumah, makin besar biaya merawat makin mahal makin rumah makin kecil kita punya kesempatan untuk membuat ruang hijau makin besar, makin banyak ruang hijau di rumah kita, rumah kita akan makin nyaman, lingkungan sekitar akan makin nyaman," ujar
arsitek muda yang lahir di Bandung.

Dia menuturkan rumah mikro itu disesuaikan dengan upaya untuk menghemat lahan dalam rangka tapak rumah yang dipakai sekecil mungkin, namun tetap menyediakan semua ruang kebutuhan seperti kamar tidur, dapur, ruang kerja dan sebagainya.

Rumah mikro tersebut dibangun vertikal dan ukuran ruangan disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya untuk kamar dapat dibuat ukuran 1,2 kali 2 meter. 

Yu Sing mengatakan salah satu riset yang dia lakukan untuk pembangunan rumah di lahan seluas 6x12 meter dapat dirancang menjadi tujuh rumah dengan masing-masing rumah ada yang empat, tiga atau dua lantai. 

"Rumahnya bukan lagi kapling tapi baik rumah bersama jadi seperti rumah susun tapi mini, jadi artinya kalau orang tua kita punya rumah tanah, anak-anak dan cucunya nanti tidak usah lagi cari tanah lagi, sekarang kan sudah susah cari tanah apalagi nanti, nah rumah itu direnovasi supaya bisa naik ke atas dan ukurannya secukupnya supaya bisa menampung banyak," tuturnya.

Rumah tersebut dapat dibangun dengan material yang beragam misal beton,  baja dan kayu.

Saat ini dia sedang membangun desain rumah 3x3 meter dengan satu kamar tidur utama, dua kamar tidur anak, yang mana ukuran kamar tidur untuk anak adalah 1x1,2 meter dan untuk orang tua 2x1,5 meter dengan tinggi 1,5 meter. Kemudian, dapur bisa dibangun di atas kamar tidur.

 "Rumah kecil bisa sangat menarik, indah keren, tidak harus besar," tuturnya. 

Baca juga: Arsitek sebut rumah panggung baik untuk antisipasi banjir
Baca juga: Presiden resmikan rumah sederhana di Cikarang



 

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Budi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar