Jakarta (ANTARA News) - Keindahan alam Indonesia bagian Timur telah memukau wisatawan lokal dan mancanegara, tak terkecuali bagi Mario Ginanjar, vokalis grup musik Kahitna.

"Setahun sekali aku harus ke Indonesia timur," kata Mario usai tampil di Korea Tourism Night 2018, Jakarta, Kamis (6/12) malam, mengenai destinasi wisata wajib.

Baca juga: Mario Ginanjar berkolaborasi dengan (X).S.M.L

Alasannya, dulu teman-temannya dari mancanegara sudah duluan terkesan dengan keindahan kawasan timur Indonesia. Sebagai tuan rumah, dia jadi lebih tergerak untuk lebih mengeksplorasi daerah-daerah Indonesia Timur yang belum sepopuler Bali.

"Banyak teman dari Amerika, Australia, nanya 'sudah ke Papua belum?'. Dia sudah, tapi aku belum. Sejak itu aku setahun sekali harus ke sana," tutur penyanyi 36 tahun itu. 

Baca juga: Dua cinta Mario Kahitna

Pulau Rote yang berada di paling selatan Indonesia adalah salah satu tempat berlibur favoritnya di Tanah Air. Alasannya, Rote menyuguhkan pemandangan menawan yang membuatnya menyadari kekayaan budaya Indonesia.

"Rote itu berbeda banget, tumbuhannya, binatangnya berbeda dengan Indonesia, lebih mirip ke Australia."

Melancong ke banyak tempat tentu membutuhkan banyak uang, tapi Mario tak pernah ragu untuk "membuang uang" demi wisata.

"Ketika pulang, kita lebih 'kaya', bisa membuka mata bahwa banyak kebudayaan berbeda dari tempat kita berasal."

Mengunjungi tempat-tempat berbeda membuat wawasannya semakin luas, juga membuat hatinya semakin terbuka untuk menerima perbedaan.

Baca juga: Pesta 30 tahun Kahitna

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018