counter

PRSI akan kirim atlet polo air ke Serbia

PRSI akan kirim atlet polo air ke Serbia

Pemain Polo Air Indonesia Reza Auditya Putra (kanan) dihadang pemain Arab Saudi Mohammed Gahal (kiri)pada final pemeringkatan nomor Polo Air Asian Games 2018 di Aquatic Center, Gelora Bung Karno Senayan (GBK), Jakarta, Sabtu (1/9/2018). (ANTARA FOTO/INASGOC/Aditya Pradana Putra)

Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) akan mengirim lima atlet polo nasional untuk berlaga di liga polo air Serbia pada bulan Januari tahun depan.

"Rencananya bulan Januari apabila kita dapat persetujuan dari Kemenpora, kita akan kirim lima orang untuk masuk ke klub mereka, tanding di liga utamanya Serbia," kata wakil ketua umum PB PRSI Harlin Rahardjo di Jakarta, Jumat.

Bahkan sudah ada satu nama atlet polo putra nasional yang ditunjuk langsung oleh salah satu klub polo air Serbia untuk bermain ke sana, kata Harlin.

"Kalau pemain kita ada yang diminati itu berarti kualitas kita lumayan," kata Harlin.

Serbia menjadi kiblat bagi timnas polo air nasional karena negara Eropa itu adalah juara dunia dan olimpiade di cabang polo air.

Pengiriman atlet polo air ke Serbia itu merupakan salah satu strategi PB PRSI dalam menyiapkan timnas polo air menghadapi SEA Games 2019.

Setelah dari Serbia, para atlet polo air akan kembali ke Indonesia untuk bergabung kembali bersama timnas untuk berlaga di Festival Akuatik pada bulan April di Jakarta.

Setelah Festival Akuatik, seluruh pemain timnas polo air putra akan dikirim ke Serbia untuk menjalani training camp di sana dan melakoni sejumlah pertandingan bersama klub lokal Serbia dan negara-negara di sekitarnya, kata Harlin.

Harlin memandang jumlah kompetisi polo air masih terbatas di Indonesia. Timnas polo air sendiri dalam satu tahun hanya bertanding dua kali di Indonesia yaitu ketika Kejuaraan Akuatik Indonesia Terbuka (IOAC) dan Festival Akuatik.

Ketika ditemui di sela-sela IOAC 2018 di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno, pelatih timnas polo air putra Milos Sakovic mengatakan bahwa IOAC 2018 merupakan ajang yang baik untuk melihat perkembangan timnas polo air dan talenta muda dari berbagai provinsi yang ikut berpartisipasi.

"Terkait kompetisi ini dan timnas bagi saya sangat penting untuk memiliki tempat di mana saya bisa melihat semua pemain dari setiap provinsi.... Saya akan memiliki daftar panjang nama-nama pemain yang akan membela timnas," kata pelatih asal Serbia itu.

"Kami bisa mencari para pemain baru yang bisa memperkuat timnas dan sangat lah penting untuk melihat para pemain junior sehingga kita punya potensi untuk masa depan," kata Sakovic.

Sakovic berencana untuk mengundang sejumlah pemain muda untuk berlatih bersama timnas setiap tahunnya sebagai ajang seleksi pemain timnas polo air.

"Saya akan undang sejumlah pemain, satu atau dua, yang pantas karena mereka bagus di klub mereka," kata dia.

Selain berlatih di Serbia, timnas polo air putra akan mengikuti sejumlah turnamen internasional seperti di Jepang, Selandia baru, Hongkong dan Filipina.

"Kami sedang menunggu dukungan dari kementerian untuk rencana itu jadi kami tahu apa saja yang akan kami lakukan," kata Sakovic.

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar