Jakarta, (ANTARA News) - Bank Bukopin meraih penghargaan untuk terobosan bidang digitalisasi perbankan dari "Marketeers Editor’s Choice Award 2018".

Direktur Konsumer Bank Bukopin Rivan A. Purwantono melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, mengatakan penghargaan yang bertajuk "The Breakthrough Digital Banking Product of The Year" dari sebuah majalah itu akan mendorong perusahaan agar semakin meningkatkan pendapatan berbasis komisi (fee based income) dari layanan digital.

Layanan Bukopin yang mendapat penghargaan itu adalah fitur Bukopinet.

"Memasuki era digital yang ditandai dengan maraknya bisnis e-dagang, persaingan antarbank pada bisnis berbasis komisi juga semakin ketat," ujar Rivan.

Berdasarkan keterangan Bukopin, Bukopinet merupakan kustomisasi layanan pembayaran dalam jaringan dari fitur yang awalnya bernama "Payment Point Online Bukopin (PPOB)". Fitur ini dimulai di 2007. Perbedaannya, selain bisa diakses di situs, Bukopinet saat ini juga tersedia di gawai.

Rivan mengklaim Bukopinet saat ini memiliki jaringan hingga 30.000 agen atau loket di seluruh Indonesia, dengan layanan 300 transaksi per detik.

Per bulan, Bukopinet membukukan transaksi pembayaran tagihan lebih dari Rp3 triliun. 

"Inovasi yang dilakukan pada Bukopinet dibandingkan dengan layanan PPOB sebelumnya terletak pada sisi mobiilitas," kata Rivan.

Namun, kata Rivan, layanan melalui loket perbankan masih dipertahankan karena kedekatan dengan nasabah tetap menjadi jasa penting. 

"Bisnis Bukopinet ditargetkan dapat menembus 20 juta transaksi dengan nominal mencapai hingga Rp6 triliun per bulan," ucap Rivan.
 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2018