counter

Presiden senam tera bersama 20.000 peserta

Presiden senam tera bersama 20.000 peserta

Ribuan warga Kabupayten Bandung Barat senam sehat bersama dengan Presiden Joko Widodo di Lapangan Walini, Kecamatan Cikalong Wetan, Bandung Barat. (Foto: Istimewa)

Bogor (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo melakukan Senam Tera Indonesia bersama 20 ribu peserta dari 26 provinsi di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Minggu.

Kegiatan itu dalam rangka Hari Tera Indonesia (HATERA) ke-33, berhasil memecahkan record Original Indonesia untuk kategori Senam Tera Terbanyak Seluruh Indonesia.

Presiden mengucapkan kebanggaannya karena bisa bergabung bersama para Terawan dan Terawati untuk Senam Tera bersama.

"Saya sangat bangga dan bahagia bisa bergabung dalam Senam Tera Indonesia, yang terpenting tetap sehat," kata presiden

Presiden mengucapkan selamat melakukan Senam Tera dan tetap menjaga kesehatan baik jasmani maupun rohani.

"Dengan mengucap bismillahirohmanirohim saya buka Senam Tera Indonesia," kata presiden saat membuka Senam Tera Indonesia.

Presiden menggenakan jaket warna hitam dan celana hitam, sepatu sneaker, berbaur bersama puluhan ribu peserta Senam Tera Indonesia yang datang dari 26 provinsi di Indonesia di lapangan Astrid Kebun Raya Bogor.

Provinsi Jawa Barat menjadi tuan rumah Senam Tera Indonesia ke-33 dan Kota Bogor sebagai tempat penyelengara, dan pada 2020 HATERA akan digelar di Jawa Tengah.

Senam Tera Indonesia merupakan latihan phisik dan mental, memadukan gerakan bagian-bagian tubuh dengan teknik dan irama pernapasan melalui pemusatan pemikiran yang dilaksanakan secara teratur, serasi, benar dan berkesinambungan.

Senam ini bersumber dari senam pernapasan Tai Chi yaitu senam yang mepunyai dasar pernapasan dipadukan seni bela diri, yang di Indonesia dikombinasikan dengan gerak peregangan dan persendian jadilah sebagai olah raga kesehatan.

"Tera" berasal dari kata "terapi" yang mempunyai arti penyembuhan atau pengobatan. Dalam praktek Senam Tera bukan saja mempunyai manfaat pengobataan (kuratif) tetapi bersifat pencegahan (preventif) dan mempunyai sifat penyembuhan sakit.

Senam ini dimulai dari pukul 07.45 WIB diawali dengan pelepasan balon ke udara oleh Presiden Joko Widodo.

Seluruh peserta senam yang disebut Terawan kompak memakai pakaian koas merah dan celana putih. Suasana Kebun Raya Bogor berubah merah putih.*


Baca juga: Olahraga tepat untuk orang dengan demensia

Baca juga: Gorontalo siap pecahkan rekor MURI senam Gemu Famire


 

Pewarta:
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar