Jakarta (ANTARA News) - Pebasket impor Satya Wacana Salatiga, Madarious Gibbs, memborong 53 poin saat mengantarkan timnya menjungkalkan finalis musim lalu, Pelita Jaya Basketball, dengan skor 96-91 dalam laga lanjutan Seri II Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2018-2019 di Britama Arena, Jakarta, Minggu.

Gibbs juga melengkapi keperkasaannya dalam mencetak angka dengan mengamankan 10 rebound untuk mencapai raihan dwiganda yang diambang menjadi triganda lantaran ia mengirimkan delapan assist sepanjang pertandingan.

Shooting guard lokal, Andre Adriano, menyusul dengan raihan 22 poin yang di antaranya ia raih lewat empat tembakan tripoin, kemudian Raymond Miller Jr. membukukan dwiganda lewat 11 poin dan 16 rebound.

Sebaliknya, di kubu Pelita Jaya, Kore White mengemas dwiganda 17 poin dan 12 rebound. Tiga penggawa Pelita Jaya lainnya juga mencapai raihan poin dua digit yakni Reggie Mononimbar (14), Andakara Prastawa (13) dan Ponsianus Nyoman Indrawan (12) namun hal itu tak cukup menghindarkan mereka dari kekalahan.

Hasil itu membuat Satya Wacana berhasil meraih satu kemenangan dalam dua pertandingan yang mereka jalani di Seri II, sedangkan Pelita Jaya telah menelan dua kekalahan dalam tiga laga yang dilakoni.

Raihan angka sempat seret di awal laga sebelum Prastawa memecahkan kebuntuan lewat tenbakan tripoin pada saat pertandingan sudah berjalan memasuki menit kedua.

Sejak itu, Pelita Jaya selalu memiliki keunggulan hingga kuarter pertama berakhir dalam kedudukan 19-11 atas Satya Wacana.

Baca juga: Hangtuah optimalkan paruh kedua demi berbalik kalahkan Bima Perkasa

Kendati demikian memasuki kuarter kedua, Satya Wacana melesat dan meraih 29 poin tambahan yang 11 di antaranya dicetak oleh Gibbs demi berbalik unggul 40-37 di sisa waktu 25 detik.

Beruntung sebuah tembakan tripoin yang dilesakkan Reggie tiga detik jelang paruh pertama usai membuat kedudukan kembali imbang 40-40.

Pelita Jaya mengamuk demi meraup 38 poin tambahan di kuarter ketiga dan kembali memegang keunggulan cukup tegas dalam skor 78-69 saat menutup periode tersebut.

Namun, pada kuarter keempat Satya Wacana kepercayaan diri yang begitu besar untuk melakukan tekanan di bawah keadaan meski tengah tertinggal dari Pelita Jaya.

Tekanan tersebut berhasil membuat Pelita Jaya hanya mencetak 13 poin tambahan, sementara tim besutan Efri Meldi itu mengantongi 27 poin lagi untuk memastikan kemenangan 96-91 bagi Satya Wacana.

Baca juga: Satya Wacana siap kejutkan SM dan PJ
 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2018