Bogor, Jawa Barat (ANTARA News) - Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA-IPB) menyampaikan butir-butir gagasan pertanian berkelanjutan susunan para pakar kepada calon wakil presiden Sandiaga Salahuddin Uno.

Butir-butir gagasan tentang pertanian berkelanjutan itu disampaikan usai diskusi bertajuk "Kebijakan Pertanian Capres dan Cawapres 2019" di Kota Bogor, Minggu.

"Kami menuliskan pemikiran-pemikian yang out of the box (tidak biasa), yang deskriptif untuk keberlangsungan pertanian di masa-masa yang akan datang," kata Sekretaris Jenderal HA IPB, Walneg S Jas.

Walneg menjelaskan pemikiran-pemikiran terkait pertanian itu dirumuskan oleh para pakar dalam HA IPB yang diketuai oleh Dr Irfan Sauqi Baek, pakar ekonomi Islam peraih penghargaan yang membawa banyak inovasi dan dosen berprestasi tingkat nasional dalam bidang humaniora.

"Tanpa itu pertanian ini akan berjalan di tempat saja. Bayangkan tiga juta manusia baru lahir setiap tahun di Indonesia, 120 ribu hektare lahan pertanian berkurang setiap tahun," katanya.

Ketidakseimbangan akibat pertumbuhan populasi yang semakin hari semakin tinggi dan penyusutan lahan untuk pemenuhan kebutuhan pangan menurut dia bisa membawa ancaman.

"Kecuali kalau negara ini sangat bergantung kepada impor atau sangat bergantung pada negara lain," katanya.

Dalam politik, ia melanjutkan, kalau satu negara bergantung dengan negara lain maka negara itu akan bisa didikte dan diarahkan.

Ketua Umum DPP HA IPB Fathan Kamil mengatakan himpunan alumni mengadakan diskusi dengan calon presiden dan calon wakil presiden sebagai bagian dari menjalankan amanah dari alumni.

"Kami mengagedakan acara ini adalah untuk kepentingan pertanian ke depan dan kemudian kami ingin berkomunikasi proaktif kepada setiap paslon sejak awal. Dan ini amanah dari semua alumni yang ada di daerah dan pusat," katanya.

Ia berharap dari diskusi dengan calon pemimpin negara selanjutnya bisa terbangun komunikasi yang konstruktif dalam upaya mewujudkan visi pertanian ke depan.

"Hari ini sudah terlaksana dengan pasangan calon nomor urut 02, dan berikutnya nomor urut 01 akan ikut serta," kata Fathan.

Setelah menggelar diskusi kebijakan pertanian tahap pertama calon wakil presiden Sandiaga Uno, yang mendampingi calon presiden Prabowo Subianto dalam pemilihan presiden 2019, HA IPB selanjutnya berencana mengundang calon wakil presiden KH Ma'ruf Amin untuk membahas pertanian berkelanjutan dalam bulan Desember. KH Ma'aruf Amin mendampingi calon presiden Joko Widodo dalam pemilihan umum tahun depan.

Baca juga: Himpunan Alumni IPB luncurkan "mentoring leader"
 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018