Surabaya (ANTARA News) - Ratusan warga Medokan Ayu, Rungkut, Kota Surabaya, diberangkatkan untuk berziarah ke makam lima wali di Jawa Timur, Minggu pagi.

"Ini merupakan kesekian kalinya saya memberangkatkan warga ziarah wali," kata Arif Fathoni, calon anggota DPRD Surabaya dari Partai Golkar saat memberangkat warga ziarah ke lima wali di Graha YKP Surabaya.

Menurut calon dari daerah pemilihan 3 itu, kegiatan itu bagian dari ikhtiar untuk mendapat simpati dan dukungan dari warga Medaokan Ayu, Rungkut Surabaya pada saat Pemilu 2019. 

Wakil Ketua DPD Partai Golkar Surabaya ini mengatakan ziarah ke makam wali merupakan bagian kegiatan spiritual dan sekaligus wisata religi yang harus tetap dilestarikan.

Melalui doa warga yang ikut ziarah ini, dia berharap selalu diberikan kemudahan dan kelancaran dalam meraih mandat rakyat dalam Pemilu 2019.

Selain itu, lanjut dia, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Partai Golkar Surabaya memanaskan mesin politiknya melalui sejumlah bacaleg yang rajin turun dan menyapa masyarakat dalam berbagai kegiatan.

Toni mengatakan bahwa menjadi anggota DPRD Surabaya bukanlah tujuan utama, melainkan jabatan tersebut hanyalah jembatan menuju pengabdian masyarakat yang lebih luas.

Oleh sebab itu, dia memaknai pemilu hanyalah bagian dari kompetisi yang bertujuan membawa kebaikan buat masyarakat. "Saya dipesan oleh orang tua saya, sebaik baik manusia adalah manusia yang bermanfaat buat orang lain," katanya.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum Surabaya menetapkan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua Pemilihan Umum 2019 di Kota Surabaya bertambah dari semula 2.118.843 pemilih menjadi 2.134.454 pemilih dengan rincian 1.042.829 pemilih laki-laki dan 1.091.625 pemilih perempuan.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018