Jakarta (ANTARA News) - Ketua Fraksi PAN MPR RI Alimin Abdullah mengajak kalangan ibu-ibu atau "emak-emak" memahami nilai-nilai Pancasila serta komitmen kebangsaan dengan semangat persatuan bangsa.

"Saya kembali mengajak semua elemen bangsa untuk senantiasa memahami dan memasyarakatkan landasan ideologi Pancasila, konstitusi, dan komitmen kebangsaan serta semangat kesatuan dalam perbedaan yang dimiliki bangsa Indonesia sesuai dengan Empat Pilar MPR RI," kata Alimin dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin.

Hal itu dikatakan Alimin dalam acara sosialisasi 4 Pilar MPR RI dengan peserta ibu-ibu majelis taklim dan para remaja di RM Dapoer Sambel, Manggarai, Jakarta, Minggu (9/12).

Empat pilar tersebut adalah Pancasila, Undang-Undang Dasar, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.

Alimin menilai nilai-nilai empat pilar MPR RI itu harus  dijadikan landasan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selain itu menurut dia, empat pilar tersebut juga merupakan dasar karakter bangsa yang harus terus dipertahankan dan dijaga dalam kehidupan sehari-hari.

"Melandaskan empat pilar ini akan menjadi penyangga kokoh bagi aspek kehidupan berbangsa dan bernegara yang menghantarkan kepada kesejahteraan dan keadilan," ujarnya.

Alimin mengatakan pemahaman "emak-emak" terhadap Pancasila menjadi titik krusial karena mereka yang bersentuhan langsung dengan pola pendidikan anak-anak mereka.

Dia mengatakan, dengan pemahaman yang baik terhadap Pancasila, diharapkan para "emak-emak" dapat menularkannya kepada anak-anaknya dan pola pendidikan keluarga sejalan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Baca juga: Pimpinan MPR : Memilih di Pemilu seperti pilih menantu

Baca juga: MPR sosialisasi Empat Pilar di Festival Budaya Gorontalo

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018