Jakarta (ANTARA News) - Atlet jetski Indonesia, Aqsa Sutan Aswar sukses menutup catatan prestasinya pada 2018 dengan medali emas kelas Pro Am Runabout Stock pada kejuaraan Jet Ski World Cup 2018 di Jomtien Beach, Pattaya, Thailand.

Berdasarkan data yang dihimpun media di Jakarta, Senin, peraih medali emas Asian Games 2018 Jakarta-Palembang itu menjadi yang terbaik setelah mengumpulkan poin tertinggi yaitu 219 dari empat motto yang dilombakan.

Aqsa Sutan Aswar meraih keunggulan 10 poin dari peringkat dua yaitu wakil tuan rumah Thailand, Supuk Settura dengan 209 poin. Sedangkan posisi tiga direbut pejetski lainya tuan rumah yaitu Teera Settura dengan 161 poin.

Pada motto pertama, Aqsa menyelesaikan lomba dengan menempati urutan kedua dan memperoleh nilai 53. Untuk motto kedua, Aqsa memperoleh nilai 60, setelah menyentuh finish pertama. Lantas pada motto ketiga dan keempat, atlet Merah-Putih itu berada pada posisi kedua dan mengemas angka 106.

Hasil bagus Aqsa Sutan Aswar ternyata tidak diikuti sang kakak, Aero Sutan Aswar. Pejetski yang juga andalan Indonesia di Asian Games 2018 itu mengalami gangguan mesin sehingga tidak bisa menyelesaikan perlombaan.

"Aero gagal selesaikan lomba. Ada masalah di mesinnya," kata orang tua sekaligus manajer kedua pejetski, Fully Sutan Aswar.

Usai mengikuti Ajang World Cup 2018 di Jomtien Beach, Pattaya, Thailand, 5-9 Desember, kakak beradik Aero dan Aqsa Aswar akan mengikuti serangkaian kejuaraan pada 2019.

"Tidak hanya ikut kejuaraan di Asia, Aero dan Aqsa juga akan turun di Amerika. Semuanya sudah terjadwal," kata Fully Sutan Aswar.

Program kejuaraan bagi Aero dan Aqsa pada 2019 antara lain kejuaraan dunia ketahanan Mark Hahn 2019 dan kejuaraan nasional di Amerika Serikat. Kemudian, World Championship 2019 di Jakarta. World Offshore 2019 di Maroko, World Finals 2019 USA, dan World Cup 2019 di Thailand.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2018