Banten beri hibah Rp50 miliar untuk pembukaan Fakultas Kedokteran Untirta

Banten beri hibah Rp50 miliar untuk pembukaan Fakultas Kedokteran Untirta

Pelataran kampus A Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Pakupatan Kota Serang Banten (Dok Untirta)

Serang,   (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Banten mendukung penuh rencana pendirian Fakultas Kedokteran di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) dengan memberi hibah sebesar Rp50 miliar.

"Salah satu bentuk dukungan tersebut adalah pemberian hibah sebesar Rp50 miliar untuk pembukaan Fakultas Kedokteran tersebut," kata Gubernur Banten, Wahidin Halim di Serang, Banten, Senin.

Dana hibah tersebut dibagi dalam beberapa tahapan, untuk tahapan awal sebesar Rp9 miliar. Sedangkan sisanya akan diserahkan tahun berikutnya, katanya.

Ia mengatakan, dana hibah tersebut, antara lain untuk pengadaan peralatan laboratorium kedokteran guna mendukung kegiatan belajar mengajar bagi mahasiswa kedokteran dan pengampuan dengan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI).

"Saya mementingkan kepentingan rakyat Banten yang membutuhkan Fakultas Kedokteran. Dengan harapan alumninya nanti bisa mengabdi di Banten untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat setempat," kata Wahidin Halim.

Sementara Rektor Untirta Sholeh Hidayat mengatakan, pemberian dana hibah tersebut untuk tahap awal Rp9 miliar digunakan untuk pembelian peralatan laboratorium, sedangkan bangunan laboratoriumnya sudah ada.

 Rektor perguruan tinggi negeri di Banten itu mengatakan, saat ini proses lelang untuk pembelian peralatan laboratorium sudah selesai dilaksanakan. Sedangkan untuk hibah tahap selanjutnya akan digunakan untuk pembelian peralatan berikutnya dan pengampuan.

Sholeh mengatakan, adapun sumber dana untuk pendirian Fakultas Kedokteran selain dari hibah Pemprov Banten, juga dari pembayaran SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) mahasiswa.

 "Ke depan untuk membantu pengembangan Fakultas Kedokteran Untirta tidak menutup kemungkinan, kami akan mendapatkan bantuan dari CSR  dunia usaha dan industri yang berada di Banten," katanya.

Dengan keluarnya izin dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, kata Soleh, maka Untirta tahun ajaran baru akan menerima mahasiswa baru Fakultas Kedokteran.

"Insya Allah surat izin dari Pak Menteri keluar Januari, dan tahun ajaran baru kami bisa menerima mahasiswa baru Fakultas Kedokteran," kata Soleh Hidayat.

Baca juga: Kemristekdikti targetkan pembukaan fakultas kedokteran di Banten 2019
Baca juga: Menristekdikti ingin Untirta tingkatkan mutu pendidikan

Pewarta: Mulyana
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar