Kami sudah koordinasi dengan Balai Jalan karena menyangkut dengan jalan negara
Padang (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) memprioritaskan perbaikan ruas jalan lintas Padang-Pekanbaru yang terputus akibat jembatan runtuh di Kecamatan 2x11 Kayutanam, Kabupaten Padang Pariaman, Senin malam.

"Kami sudah koordinasi dengan Balai Jalan karena menyangkut dengan jalan negara," kata Kepala Pelaksana BPBD Sumbar, E Rahman di Padang, Sumbar, Selasa.

Ia juga berkoordinasi dengan PU provinsi, BPBD Padang Pariaman dan Tanah Datar untuk mempercepat proses perbaikan.

BPBD Sumbar juga menurunkan personil ke beberapa lokasi longsor dan pohon tumbang untuk membantu membersihkan ruas jalan supaya bisa segera dilewati.

Sebelumnya hujan lebat mengguyur sebagian besar wilayah di Sumbar pada Senin sore hingga malam mengakibatkan sejumlah bencana.

Data BPBD Sumbar, Senin (10/12) sekitar pukul 18.30 wib terjadi jembatan ambruk pada jalan utama Padang-Bukittinggi bertempat di Korong Pasa Usang Nagari Kayutanam, Kecamatan 2x11 Kayutanam, Padang Pariaman, sehingga mengakibatkan arus lalu lintas jalan utama Padang-Bukittinggi tidak bisa dilewati oleh kendaraan bermotor.

Kemudian pukul 19.00 wib terjadi longsor di Bukit Tambun Tulang Malibou Anai Nagari Guguak, Kecamatan Kayutanam, Kabupaten Padang Pariaman, yang mengakibatkan badan jalan tertimbun tanah dan pohon kayu jatuh ke jalan raya Padang-Bukittinggi, sehingga harus lalu lintas tidak bisa dilewati kendaraan bermotor.

Sekitar pukul 19.15 wib telah terjadi tanah longsor di dekat Pondok Pergedel yang mengakibatkan tertimbunnya sebagian badan jalan dan pohon kayu tumbang ke jalan raya sehingga mengakibatkan arus kendaraan terhambat.

Tidak ada korban jiwa dilaporkan akibat bencana tersebut.

Baca juga: Sebagian jalur Riau-Sumatera Barat tertutup longsoran tanah

 

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018