counter

Bermain agar orangtua dan anak jadi dekat

Bermain agar orangtua dan anak jadi dekat

Siswa bermain permainan ular tangga anti korupsi saat gelaran permainan anti korupsi di SMPK, Kudus, Jawa Tengah, Sabtu (8/12/2018).

Jakarta (ANTARA News) - Salah satu kegiatan paling sederhana untuk membangun kedekatan antara orangtua dan anak ialah bermain, menurut psikolog anak Ayoe Sutomo, M.Psi. 

Menurut dia, kedekatan emosional orangtua dan anak menjadi hal penting karena berperan besar dalam proses tumbuh dan kembang anak. 

"Membangun kedekatan emosional paling mudah dengan bermain. Anak dalam kondisi happy, akhirnya membuat secara emosi anak penuh, lalu kalau bermain permainan melatih kreativitas, bisa juga mengasah kreativitas anak," kata Ayoe dalam peluncuran Cadbury Dairy Milk in Lickables di Jakarta, Selasa. 

Membangun kedekatan emosi dengan anak membuat anak merasa disayang, diakui dan hal semacam ini menjadi kebutuhan anak. 

"Anak butuh merasa disayang, diakui. Ini didapat kalau kedekatan orangtua dan anak baik. Kalau kedekatan emosional tidak terpenuhi, anak merasa tidak dekat dengan orangtua, anak tidak pernah dipuji dia merasa tidak berharga, tidak percaya diri, nanti bisa ke acara kepribadian sulit," tutur Ayoe. 

Ayoe menekankan pentingnya orang tua bersikap proaktif dalam mendukung proses tumbuh kembang anak, salah satunya dengan menciptakan momen kebersamaan antara keduanya.

Selain itu, perlu diperhatikan aspek kualitas maupun kuantitas kebersamaan sehingga dapat mengoptimalkan perkembangan anak secara kognitif, afektif maupun psikomotorik. 

Baca juga: Jika bercerai, orangtua harus minta maaf pada anak

Baca juga: Kak Seto tekankan peran penting orangtua-guru dalam pendidikan anak

Baca juga: Ponsel ganggu hubungan orangtua dan anak

Baca juga: Pentingnya orangtua lakukan "detoks" gawai

Kini ada taman bermain di Terminal Kampung Rambutan

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Monalisa
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar