Jakarta (ANTARA News) - Perum Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA bekerja sama dengan Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Kemenko Perekonomian menyusun buku foto berjudul "Kemajuan Infrastruktur Nasional: Modal Transformasi Ekonomi dan Kesatuan Bangsa" sebagai upaya diseminasi informasi kemajuan pembangunan di Indonesia.
   
"Buku itu merupakan bagian dari karya foto yang menunjukkan karya jurnalistik foto ANTARA masih relevan bagi masyarakat, khususnya dalam mendiseminasi informasi tentang pembangunan infrastruktur yang sedang digalakkan oleh pemerintah Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla," kata Direktur Pemberitaan Perum LKBN ANTARA Akhmad Munir di Jakarta,  Selasa.
   
Menurut Munir, buku tersebut diharapkan dapat memberi keterangan memadai bagi seluruh masyarakat mengenai sejumlah proyek infrastruktur yang dibangun pemerintah mulai dari wilayah daerah hingga pusat.
   
Dia menjelaskan LKBN ANTARA terus mendorong penyebarluasan informasi tentang pembangunan infrastruktur maupun peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia ke depan sesuai program pemerintah RI.
   
"Kami akan berusaha untuk bersama-sama dengan kementerian atau lembaga negara mendiseminasi 'angle-angle' foto sesuai dengan program pembangunan bangsa," tambah Munir.
   
Kepala Konten Komersial dan Kerja Sama Perum LKBN ANTARA Jaka Sugianta menambahkan di dalam buku tersebut terdapat sebanyak 80 foto pembangunan infrastruktur dan beberapa narasi yang ditampilkan.
   
Menurut dia, LKBN ANTARA harus berperan dalam revolusi pembangunan infrastruktur yang tengah terjadi.
 
.


"Total buku yang dicetak sebanyak 1.000 eksemplar kerja sama dengan KPPIP," jelas Jaka.
   
Jaka menambahkan, nantinya buku tersebut akan disebarkan oleh KPPIP kepada sejumlah pemangku kepentingan, kepala daerah, dan beberapa universitas di Indonesia.
   
Sementara itu, Menko Perekonomian Darmin Nasution menjelaskan buku tersebut merefleksikan sebaran pembangunan infrastruktur yang merata di nusantara.
   
"Buku ini juga menunjukkan keragaman dan sinergi antarsektor infrastruktur yang dibangun sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional dan Nawa Cita," kata Darmin dalam siaran pers dari Kemenko Perekonomian.
   
Buku foto itu diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo saat menghadiri acara Peluncuran Geoportal Kebijakan Satu Peta dan Buku Kemajuan Infrastruktur Nasional Tahun 2018 di Hotel Bidakara, Jakarta. 

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2018