counter

BPBD DKI Jakarta siarkan peringatan dini untuk 13 wilayah Jakarta Selatan

BPBD DKI Jakarta siarkan peringatan dini untuk 13 wilayah Jakarta Selatan

Tinggi muka air sejumlah pintu air di DKI Jakarta per Selasa 11 Desember 2018. (Infografik BPBD Provinsi DKI Jakarta)

Jakarta (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyiarkan peringatan dini terhadap dampak dari hujan sedang-lebat disertai angin kencang yang berpotensi turun di 13 wilayah Jakarta Selatan, Selasa sore.

Dalam siarannya yang mengacu pada prakirawan cuaca BKMG, BPBD DKI Jakarta menyebut, lokasi tersebut meliputi Jagakarsa, Pamulang, Cilandak, Pasar Minggu, Kebayoran Lama, Pesanggrahan, Pondok Aren, dan Ciputat. 

Namun, hujan dan angin kencang, menurut BPBD DKI Jakarta, berpotensi meluas ke Kebayoran Baru, Mampang Prapatan, Pancoran, Tebet, dan Setia Budi. 

"Potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai angin kencang kemungkinan berlangsung pada pukul 15.50 WIB, Selasa, dan diperkirakan terus terjadi hingga pukul 18.30 WIB," demikian pernyataan tertulis BPBD DKI Jakarta. 

Dalam siaran tersebut, BPBD DKI Jakarta menghimbau agar para camat dan lurah yang daerahnya disebut dalam peringatan dini dan rawan banjir serta longsor, agar mengantisipasi dampak yang mungkin terjadi akibat kondisi cuaca tersebut. 

"Antisipasi dapat dilakukan dengan menyiagakan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dan segera menindaklanjuti genangan (air) yang ada," sebut BPBD DKI Jakarta. 

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Kota Administrasi Jakarta Selatan, Holi Susanto, sebelumnya menyatakan pihaknya akan terus siaga di titik-titik rawan selama musim penghujan berlangsung. 

Khusus untuk Selasa siang dan sore yang diprediksi BMKG akan turun hujan sedang-lebat disertai angin kencang, Holi menyebut, jajaran Sudin SDA Jakarta Selatan akan memeriksa tali-tali air, sekaligus membersihkan saluran air dari sampah. 

"Situasinya masih kondusif (sejauh ini)," sebut dia, saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Banjir setinggi 60 sentimeter landa Kelurahan Cilandak Barat
Baca juga: Luapan Kali Krukut - Kali Mampang penyebab banjir di Jaksel

 

Pewarta: Genta Mawangi
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar