Jakarta (ANTARA News) - Keluarga yang hidupnya pas-pasan jadi kaya mendadak, kelucuan itulah yang ingin disampaikan dalam film "Orang Kaya Baru" yang skenarionya digarap oleh Joko Anwar, sedangkan bangku sutradara dipercayakan pada Ody C. Harahap.

Film yang digarap oleh Screenplay Films dan Legacy Pictures ini dibintangi oleh Raline Shah, Refal Hady, Derby Romero, Cut Mini, Lukman Sardi dan aktor cilik Fatih Unru.

Inti cerita "Orang Kaya Baru" rupanya dibuat berdasarkan masa kecil Joko Anwar yang pas-pasan di Medan, Sumatera Utara.

Daerah tempat tinggalnya adalah masyarakat ekonomi kelas bawah yang dekat dengan kriminalitas.

Baca juga: Orang Kaya Baru The Movie gandeng Joko Anwar sebagai penulis cerita

"Tiap hari gue kebayang, jangan-jangan gue sebenarnya orang kaya... Gue berkhayal bokap gue sebenarnya kaya dan pura-pura miskin, jadilah ini," kata Joko dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa, sembari menunjuk Lukman yang menjadi karakter Bapak.

Dalam trailer yang dirilis, Selasa, diperlihatkan kehidupan sederhana Bapak (Lukman Sardi), Ibu (Cut Mini) dan tiga anaknya Duta (Derby Romero), Tika (Raline Shah) dan Dodi (Fatih Unru).

Salah satu kejadian nyata dari masa lalu Joko muncul dalam satu adegan Dodi yang berendam di bak mandi.

"Dulu masuk bak karena pengin punya bathtub," seloroh Joko.

Baca juga: Raline Shah belajar jadi orang kurang mampu demi film ini

Kesederhanaan mereka diperlihatkan lewat kehidupan sehari-hari di mana mereka masih menggunakan metromini dan motor lama. Tiga anak itu bahkan memanfaatkan kesempatan untuk makan gratis di resepsi pernikahan orang yang tak dikenal.

Meski hidup pas-pasan, keluarga hangat itu saling menyayangi. Ketika Bapak meninggal, keluarga tersebut gempar karena mendadak dapat harta berlimpah, simpanan sang bapak yang selama ini pura-pura miskin.

Jadi orang kaya baru, mereka mulai hidup mewah, tapi pada saat yang sama cobaan mulai berdatangan.

Baca juga: Lukman Sardi kesulitan main film komedi

"Fenomena ini bisa kita rasakan di masyarakat, gue juga waktu kecil ngebayangin kalau jadi orang kaya bagaimana ya," ujar Lukman.

Satu hal yang menarik dari "Orang Kaya Baru", ujar Lukman, adalah kentalnya unsur kekeluargaan yang tetap erat meski hidup berkekurangan.

Ini akan mengajak penonton berpikir keras tentang cita-cita menjadi orang kaya dan hal lain di luar materi.

"Orang Kaya Baru" akan dirilis pada 24 Januari 2019.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018