Perairan selatan Pulau Sumba diprakirakan berpotensi hujan petir dengan arah angin barat daya dan barat
Kupang,  (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan operator pelayaran dan nelayan untuk mewaspadai gelombang tinggi di beberapa wilayah perairan laut Nusa Tenggara Timur (NTT), dalam beberapa hari ke depan.

"BMKG memprakirakan dan memberikan peringatan untuk waspada terhadap potensi angin kencang dan gelombang tinggi di sejumlah perairan NTT mulai Rabu, (12/12)," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun El Tari Kupang, Ota Welly Jenni Thalo kepada Antara di Kupang, Selasa, terkait prakiraan cuaca perairan laut.

Menurut dia, gelombang setinggi 3,0 meter berpotensi terjadi di Laut Sawu bagian selatan, perairan Samudera Hindia selatan NTT, dan Laut Timor Selatan NTT.

Sementara potensi gelombang setinggi 2,5 meter terjadi di perairan Selat Sumba bagian barat, dan perairan laut selatan Kupang. Selain itu, gelombang setinggi 2,0 meter berpotensi terjadi di perairan Selat Sape, katanya.

BMKG juga memprakirakan untuk Selat Sumba berpotensi hujan ringan dengan arah angin variabel-barat.

"Perairan selatan Pulau Sumba diprakirakan berpotensi hujan petir dengan arah angin barat daya dan barat," kata Ota Welly.

Sedangkan cuaca di Samudera Hindia selatan berpotensi hujan ringan dengan arah angin barat daya-barat.

Sedangkan kondisi sinoptik, umumnya angin bertiup dari arah barat data-barat laut dengan kecepatan 1-6 Skala Beaufort.

Baca juga: Angin kencang disertai gelombang landa perairan NTT

Baca juga: Gelombang Di Perairan NTT Lima Meter

Baca juga: Dua kapal diterjang ombak kembali ke Kupang

Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2018