Jakarta (ANTARA News) - Bek Borussia Dortmund, Raphael Guerreiro, mengemas dua gol untuk membawa timnya menang 2-0 atas tuan rumah AS Monaco dalam laga pamungkas penyisihan Grup A Liga Champions di Stadion Louis II, Monaco, Rabu pagi WIB.

Kemenangan tersebut memastikan Dortmund mengamankan peringkat pertama Grup A dengan raihan 13 poin, lantaran di laga lain Atletico Madrid (13) hanya main imbang tanpa gol di markas Club Brugge (6), demikian catatan pertandingan laman resmi UEFA.

Meski memiliki sama-sama memiliki 13 poin, Dortmund unggul catatan pertemuan kontra Atletico berupa gol agregat 4-2 setelah kedua tim saling mengalahkan di markas satu sama lain.

Dortmund meraih kemenangan meyakinkan meski pelatih Lucien Favre mengistirahatkan sembilan pemain dari tim yang menang 2-1 atas Schalke 04 pada akhir pekan silam.

Tidak banyak peluang tercipta setelah Dortmund membuka keunggulan pada menit ke-15, namun posisi puncak grup dan clean sheet kelima dari enam penampilan Liga Champions sukses didapat dari lawatan mereka ke kota kerajaan itu.

Perubahan-perubahan yang dilakukan Favre tidak terlalu mengganggu irama timnya dan bukan kejutan ketika Maximilian Philipp menyodorkan bola untuk disambar Guerreiro menjadi gol pembukaan.

Monaco, yang kesulitan untuk menguasai bola dan wilayahnya, tidak beruntung karena gagal mendapat hadiah penalti pada pertengahan babak pertama, saat umpan silang Sofiane Diop mengenai lengan Abdou Diallo.

Mereka segera ditekan balik dan mantan bek Monaco Diallo semestinya memperbesar keunggulan Dortmund, namun pemain bertahan itu tidak mampu memaksimalkan bola kiriman Guerreiro di mulut gawang.

Peluang lain didapatkan oleh pasukan Thierry Henry pada awal babak kedua, ketika Kamil Glik menanduk bola tendangan sudut Youri Tielemans yang melambung di atas mistar gawang.

Hal itu menjadi harapan terakhir untuk menghindari kekalahan ketujuh di kandang sendiri di kancah Eropa, ketika Dortmund memastikan raihan tiga poin dengan Guerreiro menyambar umpan tarik Christian Pulisic yang kemudian mengenai Paco Alcacer pada menit ke-88.

Baca juga: Hasil dan klasemen akhir Grup C, PSG-Liverpool lolos buat Napoli tersingkir

Baca juga: Hasil dan klasemen akhir Grup D, Porto-Schalke melaju sementara Galatasaray ke Liga Europa


Susunan pemain seturut laman resmi UEFA:

AS Monaco (4-4-1-1): Benaglio, Biancone (Serrano 78'), Glik, Badiashile, Raggi, Henrichs, Tielemans, Bennasser, Massengo (Thuram-Ulien 69'), Diop, Falcao (Sylla 64')

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Hitz, Hakimi, Toprak, Diallo, Schmelzer, Weigl, Dahoud (Wolf 76'), Pulisic, Goetze, Guerreiro (Gomez 90'), Philipp (ALcacer 79')

Baca juga: Paksakan hasil imbang di Nou Camp, Tottenham dampingi Barcelona ke 16 besar

Baca juga: Tandukan Icardi tidak cukup loloskan Inter ke fase gugur

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018