Jakarta (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan pada Selasa dia akan campur tangan menengahi kasus Departemen Kehakiman melawan bos Huawei jika hal itu menyangkut kepentingan keamanan nasional atau membantu menutup kesepakatan perdagangan dengan China.

Direktur Keuangan Huawei Meng Wanzhou ditangkap di Kanada 1 Desember lalu dan dituduh oleh AS atas transkasi bank multinasional menyesatkan yang terkait dengan Iran.

Baca juga: Disidang, bos Huawei dituduh lakukan penipuan

Ketika ditanya apakah Trump akan campur tangan dengan Departemen Kehakiman dalam kasusnya, Trump mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Reuters: "Apa pun yang baik untuk negara ini, saya akan melakukannya," disiarkan CNBC, Rabu.

"Jika saya pikir itu baik untuk apa yang akan menjadi kesepakatan perdagangan terbesar yang pernah dibuat - yang merupakan hal yang sangat penting - apa yang baik untuk keamanan nasional - saya pasti akan campur tangan jika saya pikir itu perlu," kata Trump.

Baca juga: China desak Kanada bebaskan pejabat Huawei atau hadapi konsekuensi

Pengadilan Kanada pada hari Selasa memberikan jaminan pada Meng sementara dia menunggu sidang untuk ekstradisi ke Amerika Serikat, sebuah langkah yang dapat membantu menenangkan para pejabat China yang marah karena penangkapannya.

Trump juga mengatakan Gedung Putih telah berbicara dengan Departemen Kehakiman tentang kasus tersebut, serta para pejabat China.

Baca juga: Huawei yakin hukum AS, Kanada akan buat simpulan adil
 

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018