Jakarta (ANTARA News) - James Harden mengemas 29 poin, namun pemain pelapislah yang berandil besar untuk membantu tuan rumah Houston Rockets bangkit dari kekalahan dan menang 111-103 atas Portland Trail Blazers dalam pertandingan NBA yang dimainkan di Toyota Center, Houston, AS pada Rabu pagi WIB.

Menyusul perubahan di tim inti mereka, di mana guard Eric Gordon menggantikan James Ennis, Rockets mendapatkan 37 poin dari para pemain pelapisnya, demikian catatan pertandingan di laman resmi NBA. Gerald Green (13 poin), Danuel House Jr. (12), dan Nene (sepuluh) semuanya mengemas dua dijit poin untuk membantu Houston menghentikan laju tiga kekalahan beruntunnya.

Keempat pemain pelapis Rockets memasukkan 15 dari 22 tembakan, dan saat Houston tertinggal 78-75 pada akhir kuarter ketiga, mengukir laju 25-5 yang berlanjut sampai kuarter keempat. Green dan House tampil sebagai sosok instrumental ketika Rockets membangun keunggulan 100-83 sebelum Portland mengejar.

Rockets menuju pertandingan ini dengan para pemain pelapisnya menghuni posisi terakhir di klasemen untuk urusan mencetak poin.

Trail Blazers mengejar 102-97 melalui sepasang lemparan bebas Jusuf Nurkic (15 poin, sepuluh rebound) dengan waktu tersisa 2:56 sebelum Gordon (14 poin) meresponnya dengan layup.

Guard Rockets Chris Paul (11 poin, 11 rebound, sepuluh assist) mengunci kemenangan pada garis lemparan bebas ketika Portland mencatatkan kekalahan tandang beruntun kelimanya. Damian Lillard memimpin Trail Blazers dengan 34 poin, sedangkan CJ McCollum memasukkan 22 poin.

Trail Blazers mengungguli Houston di sektor serangan pada kuarter pertama, memenangi enam offensive rebound untuk meraih delapan poin di kesempatan kedua dan unggul 15 poin.

Nurkic dan Al Farouq Aminu (sepuluh poin, 15 rebound) total mencatatkan lima keberhasilan dari rebound-rebound offensive tersebut, yang secara efektif merongrong pertahanan Rockets. Ketika Evan Turner memanfaatkan kesalahan McCollum dan mengonversi layup saat waktu menunjukkan 4:04, Portland memimpin 27-12. Kemudian, tiba-tiba para pemain pelapis Rockets memperlihatkan kemampuannya.

Ketika Harden dan Gordon memicu laju 15-2, Nene, Green, dan House menjaga bara mereka terus menyala. Ketika House menindak lanjuti lemparan tiga poin Green dengan dua lemparan bebas saat waktu menunjukkan 8:14 di kuarter kedua, Rockets memimpin 36-33.

Portland, dengan Nurkic mendominasi serangan, kembali merebut keunggulan, namun Rockets menemukan keberanian yang diperlukan untuk tetap bersaing sebelum kemudian kembali melaju.

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018