Kadin-Alumni ITB bangkitkan perekonomian Lombok

Kadin-Alumni ITB bangkitkan perekonomian Lombok

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani berjabat tangan dengan Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar dalam kunjungan Kadin ke desa Teniga, Lombok Utara, Rabu. (Kadin Indonesia)

Kadin mengajak semua pihak untuk bangkitkan kembali Lombok dan sekitarnya dan mendorong perekonomian
Jakarta (ANTARA News) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) melaksanakan pembangunan di beberapa titik setelah gempa bumi di Lombok akhir Juli lalu.

Dalam kunjungannya ke desa Teniga, Lombok Utara, Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani melakukan serah terima pembangunan pondok bersalin desa (Polindes) dan mengajak seluruh pihak untuk membangkitkan kembali perekonomian Lombok

"Kadin mengajak semua pihak untuk bangkitkan kembali Lombok dan sekitarnya dan mendorong perekonomian," kata Rosan melalui keterangan tertulis diterima di Jakarta, Rabu.

Rosan menyatakan Kadin Indonesia memberikan bantuan atas dasar penugasan khusus dari Presiden Joko Widodo. Kadin pun bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Pemerintah Daerah serta Kadin Daerah dalam membantu pelaksanaan rehabilitasi perumahan penduduk yang menjadi korban bencana dalam bentuk bantuan tidak langsung.

Sementara dalam bentuk bantuan langsung, Kadin Indonesia telah membangun berbagai fasilitas umum yang sangat diperlukan oleh para korban bencana. Bantuan tersebut  merupakan salah satu bagian dari program bantuan terpadu bagi korban gempa Lombok yang dicanangkan oleh Pemerintah.

"Kadin memahami bahwa upaya pemerintah untuk memulihkan kembali Lombok pasca gempa tidaklah mudah, maka perlu dukungan dari semua pihak, termasuk Kadin," kata Rosan.

Dalam kesempatan sama, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Properti Hendro Gondokusumo memaparkan pembangunan fasilitas-fasilitas umum dari Kadin Indonesia ini merupakan sumbangan dari perusahaan para pengurus Kadin Indonesia Bidang Properti.

Kadin akan membangun sembilan fasilitas umum yaitu ruang serbaguna, mushola, poliklinik desa, balai desa dan hunian sementara di tujuh Desa yang berada di dua Kabupaten di Lombok yaitu Kabupaten Lombok Utara dan Kabupaten Lombok Timur.

Pembangunan fasilitas umum tersebut akan dilaksanakan melalui dua tahap. Tahap pertama telah selesai dibangun 3 fasilitas umum dan diserahterimakan penggunaannya hari ini, yaitu Balai Serba Guna di Desa  Selengen Kecamatan  Kayangan Kabupaten Lombok Utara; Mushola di Dusun Tanak Song Lauk Desa  Jenggala Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara; dan Polindes di Desa Teniga Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara

Sementara untuk pembangunan fasilitas umum tahap kedua saat ini sedang dalam proses pembangunan berada di 3 kecamatan yaitu Lombok Timur (Kecamatan Sambelia) dan Lombok Utara (kecamatan Kayangan dan Kecamatan Tanjung), yang saat ini sedang dibangun.

 Baca juga: Sekolah Indonesia Cepat Tanggap terbangun di Lombok
Baca juga: Mencermati kearifan lokal dalam membangun hunian pascagempa

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Kadin Indonesia bangun fasilitas publik di Lombok Utara

Komentar