Jakarta (ANTARA News) - PT. Layanan Simpan Mandiri menghadirkan solusi menyimpan serta mengelola barang-barang koleksi pribadi lewat aplikasi yang dinamai Box-in.

Box-in akan membantu pengguna dengan menyediakan tempat atau storage untuk berbagi kebutuhan penyimpanan barang seperti koleksi tas, sepatu dan action figure.

"Kami memahami, keterbatasan ruang kosong di dalam rumah atau apartemen menjadi salah satu masalah yang dialami masayarakat perkotaan. Box-in hadir di Indonesia sebagai solusi bagi mereka," ujar CEO Box-in, Dadi Setiadi, dalam temu media di Jakarta, Rabu.

Dia mengungkapkan bahwa layanan seperti ini sudah lama ada di luar negeri, namun dia menyebut bahwa Box-in pertama yang menghadirkan layanan serupa melalui aplikasi. Dia juga mengatakan bahwa Box-in pionir di Indonesia.

Hal ini juga didorong dengan persoalan harga tanah di kota-kota besar di Indonesia yang semakin hari kian meningkat. Untuk itu, selain Jakarta, Box-in juga berencana untuk memperluas layanannya di Surabaya, Bandung, Medan dan Jogjakarta.

Box-in menawarkan dua opsi layanan yaitu Smallbox (moveable) dengan ukuran 60cmx40cmx37cm dan Bigbox dengan ukuran 2mx2mx1m.
 
CEO Box-in, Dadi Setiadi (tengah) saat meluncurkan aplikasi mobile untuk layanan penyimpanan barang "Box-in" di Jakarta, Rabu (12/12/2018). (ANTARA News/Arindra Meodia)


Berlokasi di komplek Pergudangan Central Cakung Blok F no.28 Jalan Raya Cakung-Cilingcing, Box-in memiliki lahan sebesar 225 meter persegi yang dapat menampung 930 smallbox dan 33 bigbox.

"Baru ada satu gudang kelas B di Cakung  2000 box 40 space, kita nantinya akan ada kelas A yang jauh lebih besar. Saat 2019 kita ada di lima wilayah akan punya lima gudang kelas B dan satu kelas A dengan kapasitas 10.000 box 150 space," kata Dadi.

Untuk keamanan, Dadi mengatakan bahwa gudang Box-in dilengkapi dengan CCTV yang dapat menjangkau seluruh wilayah gudang dengan realtime warning system, sehingga lebih terpantau dan transparan.

Barang yang disimpan juga dijamin kondisinya karena perawatan area ruang warehouse dilakukan secara berkala.

"Gedung sudah dicover asuransi, kalau ada terjadi kebakaran akan diganti lima kali dari biaya sewa," ujar Dadi.

Box-in menawarkan layanan penyimpanan smallbox selama satu minggu dengan harga Rp20 ribu dan selama satu bulan dengan harga Rp60 ribu. Sementara untuk Bigbox, pengguna akan dikenakan biaya Rp600 ribu untuk penyimpanan selama satu bulan.

Box-in juga menghadirkan opsi layanan penjemputan barang.

"Pengiriman akan dikenakan biaya sesuai dengan jarak pengirim dengan gudang terdekat. Namun, kemi menyediakan drop box untuk kemudian barang kami ambil tanpa dikenakan biaya," ujar Dadi.

Dadi menambahkan bahwa Box-in menghormati privasi pengguna dengan tidak memeriksa barang, namun dia mengimbau box tidak diisi dengan barang berharga atau beracun, kimia atau narkoba.

Oleh karena itu, ke depannya, Box-in juga akan menghadirkan layanan premium untuk menyimpan barang-barang berharga.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2018