Jakarta, (ANTARA News) - Atlet bulu tangkis tunggal putra Indonesia Tommy Sugiarto mengamankan laga pertama penyisihan grup B kejuaraan World Tour Finals 2018 yang berlangsung di Guangzhou, China, Rabu.

Tommy, seperti dipantau Antara di Jakarta, dari situs resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), menang dalam tiga gim atas pemain Thailand Kantaphon Wangcharoen 21-18, 18-21, 21-11 selama 89 menit permainan.

Pertemuan pada kejuaraan berhadiah total 1,5 juta dolar AS itu semakin menambah dominasi Tommy atas Kantaphon menjadi 4-0 setelah pertemuan keduanya dalam Thailand Terbuka 2018.

"Kami sudah sering bertemu dan sudah tahu pola permainan masing-masing. Saya bermain lebih sabar dan lebih tahan. Pada gim ketiga, saya melihat penampilan lawan sudah jauh menurun dibanding gim pertama dan kedua," kata Tommy tentang kunci kemenangannya pada laga pertama seperti tercantum dalam situs resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Tommy mengaku telah menyesuaikan pola serangan dan bertahan dengan kondisi shuttlecock dalam kejuaraan itu.

"Saya sempat bermain terburu-buru pada gim kedua, padahal ada kesempatan untuk mematikan lawan. Saya memulai laga seakan dari awal pada gim ketiga dan tidak memikirkan kekalahan gim kedua," kata Tommy.

Tommy akan menghadapi pemain India Sameer Verma pada pertandingan lanjutan grup B pada Kamis (13/12) setelah kemenangannya atas Kantaphon.

Verma pada laga pertamanya, kalah dari pemain unggulan pertama Kento Momota dalam dua gim langsung 18-21, 6-21.

"Saya dan Verman sudah beberapa kali berhadapan. Kami sudah saling menang dan kalah," kata Tommy tentang catatan pertemuannya 1-1 dengan Sameer Verma itu.

Tommy akan lolos babak semifinal jika meraih kemenangan lagi pada laga kedua penyisihan grup B Kejuaraan World Tour Finals atas Sameer Verma. ***4***
Baca juga: Hendra/Ahsan kalah dari Endo/Watanabe dalam Tour Finals
Baca juga: Greysia/Apriyani telan kekalahan pertama grup A

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2018