Surabaya (ANTARA News) - Rumah Sakit Pendidikan Universitas Airlangga (RSUA) Surabaya meresmikan Airlangga Aesthetic Center (ACC) yang menjadikannya sebagai pusat bedah plastik rekonstruksi dan estetik di Indonesia Timur.

Direktur RSUA Prof Nasronudin di sela peresmian di Surabaya, Rabu, mengatakan, didirikannya ACC untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan rekonstruksi dan estetika tubuh dengan empat keunggulan yakni dental aesthetic, stem cell anti aging, skin and facial aesthetic, dan Indonesian varises.

"Pelayanan unggulan ini bisa soal konstruksi saat pencabutan gigi dewasa yang kadang juga mengganggu berbagai perkembangan gigi dan mulut," kata Nasron.

Nasron melanjutkan, pelayanan selanjutnya adalah stem cell. Selama ini pasien banyak berobat ke luar negeri terkait keunggulan sel punca yang telah dikembangkan di sejumlah negara.

Namun pihaknya baru mulai dengan stem cell anti aging dengan tahap terbatas, karena harus berbasis bukti (evidence based) dan risetnya harus menonjol.

Sementara untuk layanan skin and facial, selain untuk kecantikan juga untuk rekonstruksi sebagai bentuk kepedulian masyarakat yang mengalami kecacatan atau kekurangan pada fisik wajahnya.

Sedangkan penanganan varises dianggap sangat dibutuhkan bagi orang yang terganggu dengan varises yang dideritanya.

"Di sini selain ada alat dan dokter lengkap juga ada tiga kamar operasi. Bisa untuk operasi wajah, kelainan rahang, kelainan bawaan ataupun estetika. Kami masih mengikuti kaidah MUI, tidak ada operasi yang mengubah fungsi seperti ganti kelamin tidak kami layani," katanya.

Selain dokter spesialis, keberadaan AAC ini juga akan menjadi wadah pembelajaran untuk calon dokter. Sehingga nantinya akan ada regenerasi tenaga ahli di bidang kedokteran.

Dalam kegiatan itu, RSUA juga meresmikan kantor sekretariat Rumah Sakit PTN se-Indonesia sebagai kantor resmi yang mengurus kendali jalanya organisasi antarrumah sakit.

"Sekretariat ini bisa mengurus kegiatan 39 RS PTN yang dikerjakan bersama. Misalkan seminar dan lomba manajemen `hospital` di Bangkok beberapa waktu lalu," tuturnya.

Peresmian AAC dihadiri Istri Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih, Arumi Bachsin yang hadir untuk melihat fasilitas AAC. Menurutnya keberadaan AAC akan sangat membantu ibu-ibu ataupun individu yang memang membutuhkan penanganan rekonstruksi dan estetika.

"Akan sangat bermanfaat bagi masyarakat di Jatim dengan adanya AAC ini, saya lihat dokternya sudah cukup berpengalaman sehingga pasien pasti nyaman," katanya.


Baca juga: Organisasi Bedah Plastik Estetik Internasional Rilis Data Statistik Global Prosedur Kosmetik
Baca juga: Bedah Plastik Berisiko Tinggi bagi Pasien


 

Pewarta: Willy Irawan dan Indra Setiawan
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018