counter

Metropolitan

Tiga kelurahan Jakarta Barat dilanda banjir

Tiga kelurahan Jakarta Barat dilanda banjir

Banjir terjadi di Kelurahan Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur pada Selasa (11/12/2018) petang. (Dokumen Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI)

Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak tiga kelurahan di Jakarta Barat, yaitu Kelurahan Kamal di Kecamatan Kalideres dan Kelurahan Rawa Buaya, Kelurahan Duri Kosambi di Kecamatan Cengkareng dilanda banjir akibat hujan deras yang terjadi sepanjang Rabu siang hingga sore.

Dari data yang dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah, di Jakarta, Rabu, banjir di RT002, RT004, dan RT005, RW 01, Kelurahan Kamal terjadi sejak pukul 10.30 WIB, disebabkan oleh pasang air laut.

Ketinggian air laut di Kelurahan Kamal sekitar 10 centimeter. Hingga Rabu malam, masih dalam penanganan petugas.Sementara itu, tujuh rukun warga dan sembilan rukun tetangga terdampak banjir di Kelurahan Rawa Buaya.

Banjir di kelurahan tersebut terjadi bervariasi sejak pukul 13.50 WIB sampai dengan 15.00 WIB.Ketinggian air untuk banjir di Kelurahan Rawa Buaya cukup tinggi bila dibandingkan dengan Kelurahan Kamal, yaitu sekitar 25-50 cm.

Berbeda dari Kelurahan Kamal, luapan air di Kelurahan Rawa Buaya disebabkan oleh hujan deras.Untuk di Kelurahan Duri Kosambi, ada tiga RW dan enam RT yang terdampak banjir pada ketinggian 20-30 cm.

Air yang mulai meluap pada pukul 15.30 WIB itu disebabkan oleh hujan deras.

Penanganan luapan air yang membanjiri tiga kelurahan di Kota Jakarta Barat itu dilakukan oleh jajaran Dinas Sumber Daya Air (DSDA) DKI Jakarta, anggota Suku Dinas SDA Kota Jakarta Barat dan anggota Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) di masing-masing kelurahan.

Baca juga: 150 pompa air di Jakbar untuk cegah banjir
Baca juga: Kelurahan Kapuk Jakbar tergenang akibat hujan

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Mapag hujan, strategi Pemkot Bandung antisipasi banjir

Komentar