Denpasar (ANTARA News) - Pengurus Daerah Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Provinsi Bali mendukung rencana Pemerintah Kota Denpasar menerapkan peraturan untuk mengurangi penggunaan kantong plastik di pusat perbelanjaan dan toko modern mulai 1 Januari 2019.

"Pada prinsipnya kami mendukung gerakan itu, dan kami sudah mengimbau kepada pusat-pusat perbelanjaan, khususnya di Pulau Bali untuk mengurangi penggunaan kantong plastik," kata Ketua DPD APPBI Provinsi Bali Gita Sunarwulan di Denpasar, Kamis.

"Itu karena dari data yang telah dirilis pemerintah bahwa pencemaran sampah plastik telah menganggu ekosistem hingga kelautan, karena itu kami mengimbau kepada anggota APPBI untuk mengikuti peraturan pemerintah tersebut," katanya di sela acara "Bali Ultimate Great Sale (BUGS)" di Kuta.

Mall Manager Level 21 Zenzen Guisi Halmis juga mengemukakan bahwa perusahaannya sudah mengimbau para pedagang pengguna fasilitas pusat perbelanjaan melarang penggunaan kantong plastik.

"Kami mendukung Perwali Kota Denpasar Nomor 36 Tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik. Ini langkah baik untuk menjaga lingkungan agar Bali dan bahkan bumi ini bebas dari sampah plastik," ujarnya.

"Kami mendukung sepenuhnya Perwali Kota Denpasar tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik. Kami sudah mengimbau kepada pemilik tenan dan memasang baliho dan spanduk sebagai sosialisasi Perwali Kota Denpasar itu," ia menambahkan.

Manajer Alfamart Mohammad Sofii juga menyatakan sudah melakukan sosialisasi kepada pengunjung mengenai Peraturan Wali Kota Denpasar mengenai pengurangan penggunaan kantong plastik.

"Pada prinsipnya kami juga sudah melakukan sosialisasi kepada pengunjung toko mengenai pemberlakukan Perwali Kota Denpasar itu. Kami pun sudah mempersiapkan dan juga akan mengikuti aturan tersebut," katanya.

Pemerintah Kota Denpasar akan memberlakukan larangan penggunaan kantong plastik di toko-toko modern dan pusat perbelanjaan mulai 1 Januari 2019 dalam upaya mengurangi sampah plastik di perkotaan.

Pemerintah kota sudah menyosialisasikan pemberlakuan peraturan tersebut kepada warga dan pengelola pusat belanja, serta memasang spanduk berisi informasi mengenai peraturan tersebut di beberapa bagian kota.

Baca juga:
Denpasar Wujudkan Gerakan Bebas Sampah Plastik
Bogor dapat dukungan peretail batasi kantong plastik

 

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018