Jakarta (ANTARA News) - Platform rekrutmen online JobStreet.com meluncurkan SiVA Recruitment Center dalam bahasa Indonesia. SiVA Recruitment Center merupakan platform untuk para HRD dan pemilik bisnis yang ingin mencari karyawan.

"SiVA adalah sistem yang digunakan perusahaan dalam proses penyeleksian kandidat, karena produk kami dibuat secara regional. Selama ini SiVA hanya ada dalam bahasa Inggris, kini kami meluncurkan dalam bahasa Indonesia," ujar Country Manager JobStreet.com, Farida Lim, dalam temu media di Jakarta, Kamis.

Hadirnya fitur dalam bahasa Indonesia ini, menurut Farida juga mempertimbangkan aspek kenyamanan dalam penggunaan fitur bagi para mitra perusahaan yang menggunakan layanan JobStreet.

"Salah satu misi kami untuk menjadi partner lokal yang terpercaya di Indonesia," kata Farida.

SiVA Recruitment Center menawarkan berbagai fitur. Perusahaan dapat memasang iklan lowongan di website JobStreet.com, di mana semua CV pencari kerja yang melamar lowongan perusahaan dapat diakses dengan mudah.

Perusahaan juga dapat memudahkan HRD menyaring dan melaukan seleksi dengan berbagai filter seperti lokasi, pendidikan, pengalaman kerja, bidang pekerjaan atau spesialisasi, industri, hingga kisaran gaji yang diharapkan pelamar.

Fitur ini hadir dengan nama Talent Search. "Perusahaan dapat mencari kandidat yang memiliki kriteria sesuai yang dibutuhkan," ujar Farida.

Di sini, HRD dapat melihat profil para pencari kerja dengan memasukkan keyword atau kata kunci layaknya search engine atau mesin pencari.

Melalui SiVA, perusahaan dapat juga dapat melakukan branding atau pencitraan dengan iklan lowongan premium dan berbagai banner yang ditampilkan di website JobStreet.com.

"Stand Out Listing sangat membantu perusahaan dari sisi rating. Ada logo perusahaan, key selling perusahaan yang dapat mempromosikan perusahaan," kata Farida.

Setelah memasang iklan dan mendapat kandidat dari Talent Search, perusahaan selanjutnya masuk dalam prosesk selesi dan filtering di mana JobStreet juga memiliki fitur yang memudahkan para HRD.

"Di satu perusahaan, HRD tidak hanya satu tapi ada beberapa, bagaimana HRD saling kerjasama untuk melakukan secara cepat sistem JobStreet dapat melalukan ini," jelas Farida.

SiVA memungkinkan para HRD dalam sebuah perusahaan untuk berkolaborasi, memungkinkan para HRD untuk log-in secara bersamaan.

Para HRD dapat berkomunikasi untuk memberikan feed back, yang mempercepat tahapan dalam proses rekrutmen karyawan.

SiVA juga memiliki fitur yang dapat mengirimkan undangan interview kepada para kandidat karyawan.

"Undangan akan sampai ke kandidat melaui email, kemudian muncul akan muncul juga notifikasi di aplikasi mobile app, dan SMS untuk mengingatkan si kandidat akan jadwal interview," kata Farida.

Hingga saat ini, Farida mengungkapkan, JobStreet.com telah melayani lebih dari 80 ribu perusahaan di Indonesia dalam mencari karyawan sejak kehadirannya pada 2006, dengan lebih dari 7,6 juta pencari kerja yang bergabung.

"Fitur JobStreet yang lengkap menjadi pembeda dari platform rekrtutmen online lainnya," ujar Farida.

Baca juga: Lima kesalahan saat wawancara kerja

Baca juga: Strategi melamar kerja dari JobStreet

Baca juga: Jobstreet.com jembatani kebutuhan tenaga kerja di Indonesia dan ASEAN

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018