Balikpapan (ANTARA News) - Manajemen baru Persiba Balikpapan di bawah pengusaha kondang Balikpapan Rahmad Mas'ud bergerak cepat. Dikabarkan manajemen telah bertemu dengan mantan pelatih Tim Nasional Piala AFF 2018 Bima Sakti Tukiman pada Rabu (12/12).

Apakah Bima akan menjadi juru taktik Beruang Madu di Liga 2 musim 2019, belum diketahui. Bima yang pesepakbola kelahiran Balikpapan dan mulai bersinar dalam skuat Primavera tahun 1990-an itu belum mau memaparkan hasil pertemuannya dengan manajemen.

"Nanti dikabari," katanya seraya tersenyum.

Bima memang bercita-cita untuk kembali ke Balikpapan dan melatih klub kampung halamannya itu. Ia pun memulainya dengan menjadi asisten pelatih dan masih merangkap sebagai pemain.

Pada musim 2016, Bima mendampingi pelatih asal Brasil Jaino Matos sebelum menjadi asisten pelatih Tim Nasional Indonesia dengan pelatih kepala asal Spanyol Luis Milla.

Meski demikian, dari sumber lain Persiba, disebutkan Bima juga menjadi kandidat asisten pelatih Alfredo Viera yang sukses di musim 2016 membawa Persebaya promosi ke Liga 1.

Juga dinominasikan Peter Butler, pelatih asal Inggris dan sudah malang melintang di sepak bola Indonesia dan Malaysia, dan pernah sukses saat menukangi Persiba musim 2006-2008.

"Karena memang tekad saya dan kita semua mengembalikan Persiba ke Liga 1, ke level tertinggi sepakbola nasional," kata Rahmad Mas'ud yang juga Wakil Wali Kota Balikpapan itu.

Rahmad Mas'ud mengelola Persiba lewat perusahaan keluarganya, yang usaha utamanya dikenal warga Balikpapan bergerak di bidang perkapalan dan transportasi bahan bakar minyak dan gas.

Sebagai langkah awal, ia menyiapkan dana sebesar Rp15 miliar untuk menggerakkan klub membeli pemain, merekrut pelatih, mengarungi kompetisi, dan manajemen baru.

Manajemen juga akan lebih memperhatikan hal-hal lain, seperti tiket masuk stadion, mengelola basis suporter, hingga pernak-pernik atau merchandise klub.

"Kami sih berharap tiket masuk bisa turun agar penonton bisa banyak," kata Rahim, suporter fanatik Persiba dari Kampung Timur.

Dengan tiket lebih murah daripada Rp30.000 seperti di Liga 2 lalu, tak sampai seperempat stadion terisi. Padahal, Stadion Batakan yang kini jadi markas Persiba berkapasitas hingga 40.000 tempat duduk. "Biarpun tiketnya murah, tapi kalau banyak yang nonton kan beda suasananya, beda atmosfernya, dan pasti tetap untung panitia," kata Rahim.

Pewarta: Novi Abdi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018