counter

Liga Inggris

Sarri kutuk aksi rasisme terhadap Sterling

Sarri kutuk aksi rasisme terhadap Sterling

Penyerang Manchester City Raheem Sterling yang mendapat perlakuan rasis dari pendukung Chelsea (bbc.com)

Jakarta (ANTARA News) - Pelatih Chelsea Maurizio Sarri mengutuk keras perlakuan rasis oleh pendukung The Blues terhadap penyerang Manchester City, Raheem Sterling dan menggambarkannya sebagai hal yang "menjijikkan".

Pihak klub Chelsea pada Senin lalu mengumumkan bahwa mereka sudah mengeluarkan larangan terhadap empat pendukugn mereka dan polisi sedang menyelidiki insiden tersebut yang terjadi saat pertandingan Liga Utama Inggris yang dimenangi Chelsea 2-0 di Stamford Bridge, Sabtu.

"Pertama-tama, saya ingin menegaskan bahwa saya mengutuk segala bentuk diskriminasi. Hanya itu yang bisa saya sampaikan," kata Sarri kepada media menjelang pertandingan Liga Europa menghadapi tuan rumah Vidi di Budapest.

"Karena sudah ada investigas, maka saya kira lebih baik saya tidak bicara lebih banyak lagi. Tapi yang jelas, saya mengutuk segala bentuk diskriminasi,"katanya.

"Menjijikkan. Anda tentu mengetahui dengan baik pendapat saya, pendapat klub, tapi sekarang kami harus terus berjalan,"katanya menambahkan.

Sterling mengeluarkan pernyataan melalui akun Instagram Minggu lalu yang berisi keluhan terhadap surat kabar yang memicu sikap rasisme akibat penggambaran negatif terhadap pemain hitam muda yang dibandingkan dengan rekan mereka berkulit putih.

Komenter Sterling kemudian dikomentari oleh Asosiasi Pemain Sepak Bola Profesional dan mantan pemain.

Salah satu pendukung Chelsea yang dilarang memasuki stadion mengakui bahwa ia memang mengarahkan pelecehan terhadap Sterling, tapi pernyataannya tersebut sebenarnya bukanlah dimaksudnya untuk tujuan rasisme.

Ruben Loftus-Cheek, rekan Sterling di tim nasional Inggris, mengatakan bahwa harus ada respon yang lebih keras untuk menghapus masalah rasisme dari dunia olahraga.

"Rasisme memang tidak banyak di Inggris, tapi masih terjadi. Banyak orang yang tidak suka sehingga harus disingkirkan dari olahraga secepatnya,"kata Loftus-Cheek.

"Dia (Sterling)  sudah benar dengan apa yang dikatakannya. Seharusnya sikap rasis itu sudah tidak ada lagi lapangan atau dimana pun. Jika itu terjadi pada saya, maka saya juga akan melakukan hal sama."

Baca juga: Raheem Sterling tuduh surat kabar Inggris picu rasisme

Baca juga: Sterling teken perpanjangan kontrak dengan City

Jakmania Harapkan Gubernur Benahi Persija

Pewarta: Atman Ahdiat
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar