Jakarta (ANTARA News) - Bayer Leverkusen berpesta gol saat menang 5-1 di markas AEK Larnaca dalam pertandingan Grup A Liga Europa yang dimainkan di Stadion Neo GSP, Nicosia, Siprus pada Jumat dini hari WIB.

Dengan kemenangan ini tim Jerman Leverkusen mengamankan tiket ke 32 besar Liga Europa sebagai pemuncak klasemen grup dengan koleksi 13 poin, sedangkan AEK tidak dapat meneruskan penampilannya di Eropa setelah pada klasemen akhir hanya menduduki peringkat ketiga dengan lima poin, demikian catatan pertandingan di laman resmi UEFA.
Baca juga: Hasil dan klasemen Grup A-F, tiga tim amankan tiket di laga terakhir fase grup

David Catala membawa tuan rumah memimpin terlebih dahulu pada menit ke-26. Gelandang Paulinho gagal menyapu bola dengan sempurna, kemudian Apostolos Giannou memenangi bola, menyodorkannya kepada Facundo Garcia dan umpan silangnya dapat ditanduk masuk ke gawang oleh sang kapten.

Keunggulan AEK hanya bertahan selama dua menit. Permainan operan satu-dua antara Dominik Kohr dan Isaac Kiese Thelin, dan peluang tersebut dikonversi Kohr tanpa dapat dihalau kiper Andreas Christodoulou.

Empat menit sebelum turun minum, Leverkusen berbalik unggul melalui eksekusi penalti Lucas Alario.

Kohr mencatatkan gol keduanya di laga ini pada menit ke-68, kali ini dengan menanduk bola tendangan sudut Bailey.

Gelandang kiri Leverkusen menyumbang gol untuk mengubah skor menjadi 4-1 pada menit ke-78. Bola panjang dari Julian Baumgartlinger dapat dikuasai Paulinho. Ia kemudian melakukan beberapa sentuhan, berlari menuju kotak penalti, dan melepaskan tembakan keras yang tidak dapat dihentikan kiper Christodoulou.

Klub Jerman itu menutup pesta golnya dengan menyumbang gol empat menit sebelum laga usai, Alario memperlihatkan kelasnya dengan melakukan dua sentuhan ringan setelah menerima bola dari Bailey di tepi kotak penalti dan melepaskan tembakan melengkung dengan kaki kanannya.

FC Zurich mengamankan lajunya untuk mendampingi Leverkusen, berkat hasil imbang 1-1 di markas Ludogorets Razgard. Zurich memimpin terlebih dahulu melalui gol Stephen Odey pada menit ke-21, sebelum Jakub Swierczok menyamakan kedudukan untuk wakil Bulgaria.

Tambahan satu poin ini membawa Zurich mengoleksi sepuluh poin, sedangkan Ludogorets menduduki posisi juru kunci dengan empat poin.

Susunan kedua tim seturut laman resmi UEFA:
AEK Larnaca (4-2-3-1): Christodoulou, Carioca, Truyols, Catala, Ioannou, Garcia, Cases (Hevel 46'), Barrera, Tomas, Chamorro (Trickovski 57'), Giannou (Konstantinou 84')

Bayer Leverkusen (4-4-2): Kirschbaum, Weiser, Baumgartlinger, Dragovic, Wendell (Bednarczyk 81'), Brandt (Bailey 46'), Schreck, Kohr, Paulinho, Alario (Stanilewicz 88'), Thelin
Baca juga: Arsenal dan Sporting tutup fase penyisihan Grup E dengan kemenangan
Baca juga: Hasil dan klasemen akhir Grup G-L, wakil Spanyol melaju
Baca juga: Chelsea batal sapu bersih fase grup usai diimbangi Vidi 2-2

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2018