Jakarta (ANTARA News) - Celtic mengamankan tiket fase gugur Grup B Liga Europa meski takluk 1-2 dari tamunya Salzburg dalam pertandingan yang dimainkan di Celtic Park, Glasgow, pada Jumat dini hari WIB.

Kekalahan ini membuat Celtic hanya mampu mengoleksi sembilan poin untuk mengamankan peringkat kedua di klasemen grup, demikian catatan pertandingan di laman resmi UEFA. Sedangkan Salzburg, yang telah lebih dahulu mengamankan tiket ke-32 besar, memuncaki klasemen grup dengan koleksi 18 poin.

Munas Dabbur membuka keunggulan bagi Salzburg pada menit ke-67. Pergerakan dimulai dari sisi kanan, dan Stefan Lainer mengirimkan umpan silang kepada Dabbur yang disambut tandukan kepala untuk mengemas gol pertama.
 
Salzburg menggandakan keunggulan sepuluh menit berselang melalui pemain pengganti Fredrik Gulbrandsen. Kiper Craig Gordon mencoba menguasai bola, ia mendapat tekanan dari Gulbrandsen dan berusaha membuang bola, namun bola justru mengarah ke sang penyerang, yang dengan mudah memasukkannya ke gawang yang kosong.

Celtic memperkecil ketertinggalan pada menit ke-95 melalui sepakan Olivier Ntcham. Celtic mendapat hadiah penalti saat Filip Benkovic dilanggar di kotak terlarang, sayang eksekusi penalti Ntcham dapat ditahan Alexander Walke, namun Ntcham mampu menyambar bola pantul untuk mencetak gol.

Dalam pertandingan lain, RB Leipzig dan Rosenborg bermain imbang 1-1. Hasil yang tidak membantu kedua klub untuk lolos ke fase selanjutnya. Leipzig hanya mampu mengoleksi tujuh poin, sedangkan Rosenborg mengakhiri kiprahnya di Liga Europa dengan satu poin.

Susunan pemain seturut laman resmi UEFA:
Celtic (4-4-1-1): Gordon, Lustig (Vassbakk Ajer 21'), Benkovic, Simunovic, Tierney, Forrest, McGregor, Rogic, Sinclair (Brown 46'), Christie (Ntcham 58'), Edouard

Salzburg (4-4-2): Walke, Lainer, Ramalho Silva, Onguene, Ulmer, Mwepu (Leitgeb 80'), Samassekou, Wolf, Junuzovic, Minamino (Gulbrandsen 74'), Dabbur (Prevljak 90')
Baca juga: Spartak Trnava raih kemenangan sebagai salam perpisahan
Baca juga: Arsenal dan Sporting tutup fase penyisihan Grup E dengan kemenangan
Baca juga: Tersungkur di markas Olympiakos, Milan pamitan
Baca juga: Marseille berakhir tanpa kemenangan usai dipermalukan Apollon

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2018