Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan ritel dan distribusi perangkat elektronik Erajaya Swasembada berencana untuk menambah 300 toko pada 2019.

"Ini aspirasi ya, Erajaya berharap kita menambah 300 toko, yang berarti setiap hari akan buka satu,"  ujar Director of Marketing and Communications PT Erajaya Swasembada, Djatmiko Wardoyo, usai penjualan perdana seri iPhone X terbaru di iBox Central Park Mall, Jakarta, Jumat.

Saat ini, Djatmiko mengungkapkan bahwa Erajaya memiliki 940 ritel yang masuk dalam dua kategori yaitu mono-brand dan multi-brand.

Mono-brand adalah toko ritel Erjaya yang menjual satu macam brand, misalnya iBox yang hanya menjual perangkat Apple. Selain iBox, Erajaya juga memiliki 90 Samsung Experience Store khusus unutk produk Samsung, dan 24 Mi Store khsusus untuk produk Xiaomi.

Untuk multi-brand, ritel yang dimiliki Erajaya termasuk Erafone, Urban Republic dan ritel yang bekerjasama dengan operator, termasuk Oredoo, Telkomsel dan XL
.
Djatmiko mengatakan bahwa Erajaya akan agresif dalam pengembangan ritel di kota-kota lapis kedua dan ketiga, seperti Sukabumi, Garut, Ciamis, Purwokerto, Purwakarta, Jember dan Banyuwangi.

"Kita tetap akan agresif terutama dalam pengembangan ritel, ritel erajaya tahun depan akan sangat fokus terutama pengembangan di kota-kota lapis kedua dan ketiga," kata dia.

Saat ditanya tren toko online saat ini, Djatmiko mengatakan bahwa telah mengikuti arus tren tersebut dengan memiliki Erafone.com yang juga hadir dalam sejumlah marketplace online.

Di luar itu, telah mengembangkan konsep O to O -- online to offline, offline to online -- omni-channel ini lah, yang menurut Djatmiko, akan kuat di Erajaya.

Sistem online to offline akan memungkinkan orang untuk berbelanja secara online dan mengambil barang pesanan di toko retail Erajaya terdekat, sebaliknya offline to online akan memungkinkan calon pembeli untuk mencoba perangkat di toko retail untuk kemudian memesan secara online.

"Sejak Mei kita luncurkan, kuartal empat secara agresif mencoba melakukan itu. So far. terakhir kemarin ikut hype-nya Harbolnas cukup bagus," ujar Djatmiko.

Baca juga: Erajaya dukung regulasi IMEI untuk kontrol ponsel BM

Baca juga: Erajaya resmi jual iPhone XS, XS Max dan XR

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018