Metropolitan

Lalin simpang Cawang direkayasa karena proyek LRT

Lalin simpang Cawang direkayasa karena proyek LRT

Rekayasa Lalu Lintas di Simpang Cawang Interchange, Jakarta Timur terkait pekerjaan Erection Girger Bentang Panjang Light Rail Transit (LRT) Cawang - Dukuh Atas. (Dokumen Dinas Perhubungan DKI Jakarta)

Jakarta (ANTARA News) - Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas (lalin) sehubungan dengan pekerjaan "erection girder" bentang panjang proyek Light Rail Transit (LRT) Cawang - Dukuh Atas di Simpang Cawang Interchange Jakarta Timur dari tanggal 15 Desember 2018 hingga 31 Maret 2019.

"Rekayasa lalin dari tanggal 15 Desember 2018 sampai dengan 31 Maret 2019 karena pekerjaan pemasangan penyangga besi peluncur," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko di Jakarta, Jumat.

Sigit melanjutkan dari tanggal 15 Desember 2018 hingga 31 Maret 2019 rekayasa lalu lintas dimulai dari putaran barat-barat ditutup sehingga lalu lintas dari arah itu akan berputar kembali ke arah barat (Pancoran), kemudian dialihkan belok kiri-berputar di putaran Kalimalang.

Setelah itu bisa belok kanan di simpang Cawang Interchange ke arah Pancoran mengikuti lampu lalu lintas atau naik Fly Over atau berputar di putaran Halim untuk mengarah ke Pancoran.

Tanggal 28-29 Desember 2018 dari pukul 23.00 WIB-04.00 WIB pekerjaan pemasangan tiang sementara penyanga besi peluncur sisi utara dengan jam pemasangan sama dengan pekerjaan di tanggal 29-30 Desember 2018.

Kemudian, pada 30-31 Desember 2018 pembongkaran penyangga besi peluncur sisi utara, 4-5 Januari 2019 pemasangan tiang sementara besi peluncur sisi selatan, 5-6 Januari 2019 pemasangan truss sisi selatan dan 6-7 Januari 2019 pembongkaran besi peluncur sisi selatan.

Lalu, dia melanjutkan, untuk tanggal 21 Januari-31 Maret 2019 dari pukul 23.00 WIB-04.00 WIB ada pekerjaan erection girger bentang dengan rekayasa lalin yakni 
- Lalu lintas dari arah utara (Tanjung Priok) yang menuju barat (Pancoran) dialihkan melalui underpass berputar balik depan Kodam-belok kiri ke arah Pancoran/belok kiri di Simpang Cawamg-putar balik di putaran Halim-naik fly over ke arah Pancoran-dan seterusnya.
- Lalu lintas dari arah selatan (Cililitan) yang akan menuju Timur (Halim) dialihkan melalui underpass putar balik di putaran Kali malang belok kiri ke arah Halim/putar balik di Simpang Cawang Kompor-naik fly over ke arah Halim-dan seterusnya.
- Lalu lintas dari arah timur (Halim) yang akan menuju selatan (Cililitan) dialihkan melalui Jalan Perindustrian-dan seterusnya.
- Rute Transjakarta koridor Pluit-Pinang Ranti yang semula belok kanan di Simpang Cawang Interchange dari arah utara dialihkan ke belok kiri-berputar putaran Kalimalang melewati underpass ke arah Pinang Ranti.

Oleh karena itu, tambahnya, Dishub DKI mengimbau pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan.

Baca juga: Polisi rekayasa lalin terkait pembongkaran JPO Tosari
Baca juga: DKI rekayasa lalu lintas selama revitalisasi JPO Polda


 

Pewarta: Tessa Qurrata Aini
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Begini tanggapan pengguna KRL soal rekayasa pola operasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar