Palangka Raya, 15/12 (ANTARA News) - Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID) Kalimantan Tengah menyediakan daging ayam ras beku, sebagai upaya mengendalikan lonjakan harga menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

Daging ayam ras beku dipastikan tetap segar dan higienis serta halal, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir untuk membelinya, kata Wakil Ketua Pimpinan Utama TPID Kalteng Wuryanto di Palangka Raya, Sabtu.

"Untuk sementara daging ayam beku segar bisa dibeli di sembilan lokasi yang ada di Palangka Raya. Dan, menjelang Hari Raya Natal dan Tahun baru bisa dibeli di pasar murah yang diselenggarakan Pemprov Kalteng," ucapnya.

Tempat penjual daging ayam beku segar yakni, RPK Asri Sayur di Jalan Rajawali kilometer 6, RPK Mama Fadil di Jalan Sangga Buana I Nomor 02, RPK Nor Sayur di Jalan Basir Jahan I Sabaru, RPK Esther Jalan Pinguin Raya Nomor 04, RPK Qurnia di Jalan Mahir Mahar Nomor 309 Kalampangan.

Kemudian di RPK Ma`Qilza Jalan G Obor No.107, di RPK Rino Jalan Raden Saleh Menteng, Kantor Bulof Divre Kalteng Jalan RTA Milono km 3, dan Pasar Rakyat Bulog di Jalan Halmahera.

"Kami akan terus berupaya memperbanyak lokasi tempat menjual daging ayam beku segar, agar masyarakat mudah mendapatkan dan membelinya," kata Wuryanto yang juga Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kalteng.

Sementara untuk di pasar murah yang akan diselenggarakan Pemprov Kalteng yakni, di area gereja kalawa Kelurahan Petuk Ketimpun pada 6 Desember 2018, area Gereja berkat Asi Kelurahan Sei Gohong km 38 pada 8 Desember, area Gereja GPDI jalan Putri Sinta kelurahan Banturung 10 Desember, dan area Gereja Effata Kelurahan Tangkiling 11 Desember.

TPID Kalteng menghimbau masyarakat untuk memulai `Ayo Konsumsi Daging Ayam Segar Beku`, karena lebih higienis dan mudah dibeli pada lokasi-lokasi yang telah ditentukan.

"Ke depan, program serupa akan direplika implementasinya di kota-kota lain di Kalteng, terutama di Kota Sampit sebagai kota sampel Inflasi provinsi ini," kata Wuryanto.

Semakin terjangkau harga dan kemudahan akses membeli daging ayam segar itu, harapannya dapat menjadi solusi menjaga ketersediaan pasokan dan stabilitas harga komoditas daging ayam ras di Kalteng," demikian Wuryanto.

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Jaka Sugiyanta
Copyright © ANTARA 2018